Artikel
Penyebab Ambeien di Usia Muda

Penyebab Ambeien di Usia Muda

Penyebab Ambeien di Usia Muda
Penyebab Ambeien di Usia Muda

Penyebab Ambeien di Usia Muda –  Jika normalnya ambeien menyerang orang yang sudah lanjut usia dan ibu hamil, dibeberapa kasus diketahui ternyata ambeien juga dapat menyerang usia muda. Memang hal ini terjadi lebih jarang dari pada orang lanjut usia dan ibu hamil. Yang menjadi penyebab utamanya adalah karena gaya hidup yang tidak sehat.  Sebelum mendalami lebih jauh, kita perlu mengetahui penyakit ambeien itu sendiri. Ambeien adalah penyakit yang timbul di anus dan munculnya benjolan di sekitar anus diikuti dengan rasa nyeri dan gatal.

Penyebab Ambeien di Usia Muda

Hal yang menjadi penyebab utama dari ambeien biasanya adalah karena pola hidup kita yang tidak sehat. Kebanyakan anak muda biasanya minum minuman beralkohol atau minuman dengan tinggi kafein. Alkohol dan kafein yang berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh. Apalagi jika ditambah dengan kurang mengkonsumsi makanan berserat. Perlu kita ketahui, makanan yang berserat sangat tubuh butuhkan untuk memperlancar pencernaan. Bahaya jika tubuh kekurangan serat, akan membuat usus bekerja lebih keras ketika ingin mengeluarkan feses.

Feses yang kurang serat akan menjadi lebih keras dan pastinya kita perlu mengejan lebih keras dari seharusnya. Inilah yang dapat memicu terjadinya ambeien. Selain itu anak muda saat ini cenderung malas mengkonsumsi air putih. Padahal minum air putih 8 gelas sehari sangat perlu untuk proses metabolism tubuh. 

Faktor yang menjadi pemicu ambeien pada anak muda lainnya adalah kurangnya beraktivitas atau kurang gerak. Anak muda lebih senang menghabiskan waktu senggangnya dengan duduk seharian sambil bermain game, sosial media kemudian rebahan. Males gerak atau “Mager” ini sudah menjadi tren di kalangan kaum muda. Minimnya aktivitas fisik pada kaum muda ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan pada area bawah panggul dan beresiko menimbulka penyakit ambeien.

Penyakit ambeien pada anak muda juga bisa karena keturunan. Menurut penelitian, jika salah satu orang tuanya pernah mengalami ambeien, maka ada kemungkinan menurun ke anaknya. Meskipun begitu, jika kita menerapkan pola hidup sehat dan melakukan aktivitas yang tidak memicu ambeien, maka kemungkinan ambeien itu muncul akan kecil. 

Pencegahan Ambeien di Usia Muda

Penyebab Ambeien di Usia Muda –  Jika terasa belum parah dan tidak mengganggu, sering kali orang menyepelekan penyakit ambeien. Orang yang terkena ambeien di usia yang cukup muda harus memperbaiki pola hidupnya menjadi lebih sehat. Memperbanyak makanan berserat, makanan berserat sangat tubuh perlukan untuk memperlancar pencernaan. Mengurangi bahkan jika bisa menghilangkan kebiasaan buruk minum minuman beralkohol. 

Cara mencegah penyakit ambeien pada usia muda di antaranya bisa dengan mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran setiap hari, yang wajib ada di setiap kita makan. Perbanyak minum air putih, yang berguna untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh kita. Mengurangi minum miuman beralkohol, mengandung kafein, dan minuman manis.

Mencoba untuk berolahraga, hanya dengan olahraga santai bisa dilakukan di rumah, sehingga tidak perlu mengkhususkan diri untuk datang ke tempat gym. Yang terakhir jangan pernah menunda jika kita rasa ingin buang air besar. Sering menunda buang air besar maka akan membuat usus bekerja lebih keras, semakin lama feses tertahan di perut, maka semakin banyak usus akan menyerap air. Akibat yang timbul ialah feses menjadi keras dan akan sulit untuk dikeluarkan.

Selain itu ada beberapa faktor usia muda mengalami ambeien misalnya, ketika seorang anak memiliki penyakit seperti kanker usus besar, adanya tumpukan cairan diusus besar. Jika memiliki penyakit tersebut, maka peyakit ambeien pun bisa saja ikut timbul. Maka dari itu alangkah baiknya kita lebih peduli terhadap kesehatan diri sendiri. Jika ada sesuatu yang aneh dalam diri segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat.  Saat ini terdaat kliik Vena Wasir Center yang khusus menangani wasir pada pasien.

Klaifikasi Ambeien Berdasar Tingkat Keparahan

Penyebab Ambeien di Usia Muda – Terdapat 4 stadium penyakit ambeien yang perlu kita ketahui:

  • Stadium 1, gejala awalnya dimulai dengan gatal di sekitar dubur, dan ada sedikit rasa nyeri di daerah dubur kemudian keluarnya bercak darah ketika buang air besar, namun kondisi ini masih terbilang normal dan jarang orang sadari.
  • Tingkat stadium 2, gejala awal sama dengan tahap satu hanya saja mulai ada bantalan anus yang keluar ketika mengejan tapi bantalan tersebut akan kembali masuk secara otomatis
  • Stadium 3, rasa yang timbul dari nyeri mulai agak mengganggu dan bantalan yang keluar ketika mengejan tidak dapat masuk secara otomatis, sehingga harus penderita bantu dorong dengan jari untuk memaskkan kembali ke dalam
  • Tingkat stadium 4, tahap terakhir yang sangat serius, semua gejala seperti nyeri rasa gatal dan pendarahan yang semakin intens dan sangat mengganggu aktivitas. Pada tahap ini kita akan memerlukan dokter untuk segera melakukan tindakan yang tepat. 

Ambeien yang masih dalam tahap 1 dan 2 masih bisa sembuh sendiri tanpa perlu penanganan dokter. Ketika seseorang menyadari bahwa dirinya terkena ambeien sebaiknya segera menerapkan pola hidup sehat.  Vena Wasir Center memiliki 11 cabang yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Dan sebanyak 2000 pasien lebih sudah berobat di Vena Wasir Center.

Dalam mencari rumah sakit atau klinik untuk mengobati penyakit ambeien, sebaiknya kita harus jeli dalam memilih rumah sakit atau klinik. Pastikan klinik yang ingin kita datangi sudah resmi terdaftar dan dokternya pun sudah memiliki pengalaman di bidangnya. Ini supaya kita terhindar dari malpraktik yang sering terjadi. 

Selain itu pasien ambeien wajib tahu apakah rumah sakit atau klinik tersebut memiliki tingkat kebersihan yang tinggi. Ketahui tarif rumah sakit atau klinik tersebut supaya bisa sesuai dengan budget yang kita miliki.

Baca Juga :   Pengobatan Wasir Stadium 4 Minimal Nyeri

Call Center :    https://wa.me/6282110333310

 

 

 

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan ?
Kamu punya keluhan?
Saya ingin daftar, bagaimana caranya?