Artikel
Hati-Hati Penyakit Ambeien Berbahaya Jika Dibiarkan

Hati-Hati Penyakit Ambeien Berbahaya Jika Dibiarkan

Penyakit Ambeien
Penyakit Ambeien

Penyakit Ambeien –  Salah satu penyakit yang banyak dan sudah umum oleh banyak orang derita adalah ambeien. Menurut data di Kementerian Kesehatan Indonesia pada tahun 2020, pasien wasir mencapai 20 juta jiwa. Jumlah ini tidak lah sedikit. Penyakit ambeien sebenarnya merupakan salah satu penyakit yang tergolong berbahaya jika sudah memasuki tahap 4 dan tidak segera mendapat penanganan.

Orang yang menderita ambeien banyak yang memilih untuk membiarkan atau mencoba untuk mengabaikan penyakitnya. Salah satu faktor yang menjadi penyebab seseorang mengabaikan penyakit ambeiennya karena biaya pengobatannya yang tidak sedikit. 

Penyakit Ambeien Disebabkan Oleh Kematian Jaringan

 Ambeien merupakan penyakit yang menyerang daerah anus, dan akibat yang paling parah dapat timbul dari ambeien yakni matinya jaringan. Dalam dunia medis, ambeien atau wasir menurut tingkat keparahannya terbagi menjadi 4 bagian. 

  • Tingkat pertama, merupakan awal mula kemunculan ambeien. Gejalanya tidak selalu penderita sadari. Pada tingkat ini ambeiean akan menghilang dengan sendirinya. Biasanya akan timbul rasa gatal dan sedikit nyeri di sekitar dubur tetapi tidak mengganggu aktivitas.
  • Ambeien tingkat kedua, masih bisa penderita atasi tanpa harus berkonsultasi ke dokter. Tingkat ini memiliki tanda keluarnya bantalan anus ketika mengejan. Tetapi bantalan tersebut masih bisa masuk kembali dengan sendirinya. 
  • Tingkat ketiga, masuk pada tingkat ini sebagian orang akan merasa terganggu karena akibat yang timbul mulai terasa. Seperti keluarnya bantalan yang tidak otomatis masuk sendiri, sehingga memerlukan bantuan jari penderita untuk mendorong bantalan tersebut masuk.
  • Ambeien tingkat keempat, bagian ini merupakan tingkat terakhir dari penyakit wasir yang sudah memerlukan tindakan medis. Akibat yang timbul jika tidak segera mendapat tindakan akan menyebabkan kematian jaringan. Bantalan anus sudah tidak bisa penderita masukkan dengan bantuan jari. Selain itu pasien akan merasakan nyeri yang begitu menyiksa di bagian dubur sehingga tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

Metode Pengobatan Ambeien

Penyakit Ambeien – Tindakan Operasi ambeien pada jaman dahulu terkenal sangat menakutkan. Hal itu karena, prosesnya yang memakan waktu lama dan sangat amat menyiksa. Belum lagi masa penyembuhan yang memakan waktu berbulan-bulan. Selain itu selama masa penyembuhan juga pasien akan merasakan nyeri yang menyakitkan.

Dengan proses yang begitu menyiksa banyak pasien yang enggan untuk melakukan operasi ambeien. Namun berbeda dengan masa kini, tindakan operasi ambeien tidak menakutkan dan cenderung cepat serta tidak memerlukan rawat inap. Saat ini terdapat 3 metode yang sudah teruji sangat aman untuk menyembuhkan dan menuntaskan penyakit ambeien, yaitu:

  • Radiofrekuensi, tindakan yang dilakukan adalah dengan melakukan pengempisan dengan gelombang frekuensi di tempat terjadiya pembengkakan. 
  • PILA (Paran Injection Ligation for Ambien), digunakan untuk mengatasi ambein untuk tahap 1 sampai 3, dan menggunakan injeksi agen skleoterapi
  • Flash Optical Laser, metode tersebut menggunakan laser fiber sebagai medianya, dan sangat minim terjadinya rasa nyeri.

Penyakit Ambeien Bisa Menyerang Ibu Hamil

Ibu hamil lebih rentan terserang penyakit ambeieb, faktor pendukungnya adalah bertambahnya berat tubuh ibu di bagian pinggul sehingga menekan kerja otot bawah semakin besar. Ambeien akan mempengaruhi persalinan sang ibu. Jika ingin tetap melakukan proses persalinan secara normal ada baiknya mengkonsultasikan masalah ambeien yang dideritanya ke dokter.

Karena saat persalinan normal ibu akan megejan degan kuat. Kemudian ibu hamil yang memiliki ambeien disarankan untuk lebih sering berendam dengan menggunakan air hangat. Dengan berendam dengan air hangat otot-otot di tubuh akan menjadi lebih rileks sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang terjadi akibat ambeien.

Jika ibu hamil mengalami gatal, selain dengan berendam air hangat, cobalah untuk mengompres dengan menggunakan batu es yang dibalut kain selama 15 menit. Kemudian hal-hal yang perlu dihindari adalah jangan duduk terlalu lama, cobalah untuk bergerak santai seperti berjalan jarak pendek. Tujuannya supaya pembuluh darah tidak tertekan terlalu lama. Lalu mengkonsumsi air putih menjadi pilihan baik baik ibu hamil. Selain baik untuk janin minum air putih juga dapat pemperlancar pencenaan kita.

Segera Konsultasikan Ambeien Anda ke Dokter

Penyakit Ambeien – Untuk orang yang menderita ambeien dengan tingkat yang akut, dan ingin memilih salah satu dari ketiga metode modern di atas, pasien bisa menggunakan asuransi milik pribadinya. Saat ini ketiga metode penyembuhan ambeien tersebut belum tercover oleh BPJS. Memang harganya masih terbilang cukup mahal dan belum mencakup semua golongan masyarakat. Meskipun demikian sudah banyak rumah sakit atau klinik yang berani memasang tarif lebih murah. Seperti Vena Wasir Center yang berusaha menyembuhkan lebih banyak pasien wasir atau ambeien di Indonesia. 

 

Baca Juga :   Rekomendasi Lengkap Klinik Wasir

Call Center :    https://wa.me/6282110333310

 

 

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan ?
Kamu punya keluhan?
Saya ingin daftar, bagaimana caranya?