Artikel
Pengobatan Efektif Untuk Wasir

Pengobatan Efektif Untuk Wasir

Pengobatan Efektif Untuk Wasir – Ambeien atau biasa orang kenal dengan wasir merupakan suatu pembengkakan atau peradangan yang terjadi pada pembuluh darah di ujung usus besar atau rectum dan anus. Keadaan ini muncul karena adanya peningkatan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus. Salah satunya bisa terjadi karena aktivitas mengejan yang terlalu keras. 

Ambeien adalah keadaan yang pada umumnya tidak akan menimbulkan gejala dan bisa sembuh dalam hitungan hari. Tetapi pada keadaan yang lumayan parah bisa mengakibatkan nyeri, gatal, dan pendarahan setelah melakukan buang air besar.

Pengobatan Efektif Untuk Wasir
Pengobatan Efektif Untuk Wasir

Faktor Resiko Terjadi Ambeien

Pengobatan Efektif Untuk Wasir – Penyakit ambeien ini terjadi karena suatu tekanan pada perut atau tungkai meningkat. Peningkatan tekanan ini biasanya bisa mengakibatkan pembuluh darah di sekitar anus menjadi bengkak dan meradang. Berikut ini merupakan beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko terjadinya ambeien:

  1. Konstipasi atau sembelit dalam jangka waktu yang panjang karena kekurangan asupan serat dari makanan
  2. Terlalu sering mengangkat beban berat
  3. Mempunyai kebiasaan duduk dalam jangka waktu yang lama
  4. Mengalami diare akut
  5. Mempunyai kebiasaan dalam mengejan ketika ingin buang air besar
  6. Mengidap batuk dan muntah-muntah yang berlangsung dalam waktu yang lama
  7. Obesitas atau kelebihan berat badan
  8. Kehamilan
  9. Mempunyai riwayat ambeien dalam keluarga
  10. Seks anal

Penyakit Ini Juga Bisa Sebabkan Ambeien

Pengobatan Efektif Untuk Wasir – Selain itu juga terdapat beberapa faktor dalam kondisi medis yang bisa mengakibatkan ambeien yaitu sebagai berikut :

  1. Mempunyai penyakit seperti penyakit radang usus sperti Crohn’s Disease dan colitis ulseratif
  2. Terjadinya penumpukan cairan pada rongga perut atau asites
  3. Mengalami prolaps rectum
  4. Cedera pada bagian tulang belakang
  5. Mempunyai kanker usus besar

Gejala Ganggaun Ambeien

Pengobatan Efektif Untuk Wasir – Gejala ambeien yang sering muncul bergantung pada jenis ambeien yang masing-masing pasien derita. Jenis ambeien sendiri meliputi ambeien eksternal dan ambeien internal.

Ambeien eksternal pada umumnya dapat dilihat dengan terjadinya pembengkakan pembuluh darah  di bagian luar anus sehingga bisa penderita lihat dari luar. Gejalanya biasanya akan muncul rasa gatal atau iritasi, nyeri, dan terjadi pembengkakan di area sekitar anus. Selain itu pasien juga akan mengalami pendarahan saat buang air besar rasa nyeri saat menyentuh benjolan yang menggantung di luar anus.

Sedangkan ambeien internal biasanya terjadi saat pembengkakan pembuluh darah berada di area dalam anus sehingga ambeien tidak bisa terlihat atau teraba dari luar. Ambeien ini juga memiliki gejala seperti terjadi pendarahan ketika buang air besar tanpa adanya rasa sakit dan nyeri saat akan mengejan. Ambeien ini jika parah bisa menyebabkan timbulnya benjolan yang keluar dari anus (prolaps), dan rasa gatal pada area anus.

Pastikan untuk memeriksa ke dokter apabila mengalami gejala ambeien seperti di atas atau ketika gejala tidak juga membaik setelah melakukan perawatan mandiri selama 7 hari. Selain itu juga perlu ke dokter jika gejala di atas disertai dengan gejala dari penyakit atau kondisi yang lebih serius contohnya seperti perubahan warna dan konsistensi feses, perubahan pola buang air besar yang sudah berlangsung cukup lama, mengalami pendarahan yang hebat, mengalami pusing, dan berujung pada pingsan.

Menentukan Diagnosis Ambeien

Pengobatan Efektif Untuk Wasir – Dalam menentukan diagnosis pada penderita ambeien, dokter biasanya akan lebih dahulu menanyakan tentang gejala dan keluhan yang dialami serta riwayat kesehatan pada pasien. Setelah itu barulah dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan melihat apakah terdapat benjolan , pembengkakan, atau mengalami iritasi pada area sekitar anus.

Selanjutnya dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan lainnya seperti :

  • Pemeriksaan colok dubur yaitu berguna untuk memeriksa apakah terdapat kelainan pada pembuluh darah di dalam rectum dan dubur
  • Anoskopi yaitu bertujuan untuk melihat lapisan anus dan rectum dengan memakai tabung berlampu yang sudah lengkap dengan kamera
  • Sigmoidoskopi yaitu bertujuan untuk melihat bagian yang terdapat pada usus besar dan rectum dengan memakai selang panjang berkamera
  • Kolonoskopi yaitu bertujuan untuk mencari tahu akibat dari ambeien yang berasal dari gangguan pada sistem pencernaan
  • Biopsy yaitu pemeriksaan untuk memeriksa sampel jaringan usus besar atau rectum lebih lanjut di laboratorium

Setelah pemeriksaaan maka dokter biasanya akan mengelompokkan ambeien berdasarkan dari ukuran dan tingkat keparahannya adalah seebagai berikut :

  • Tingkat 1 : yaitu terjadi pembengkakan kecil timbul pada area dalam dinding anus, namun tidak terlihat dari luar anus
  • Wasir tingkat 2 : yaitu muncul pembengkakan yang berukuran lebih besar dan keluar dari anus saat akan buang air besar namun masuk Kembali dengan sendirinya setelah melakukan buang air besar
  • Tingkat 3 : yaitu keadaan dimana satu atau beberapa benjolan kecil yang menggantung pada area anus namun bisa penderita dorong untuk masuk kembali
  • Wasir tingkat 4 : adanya benjolan besar yang menggantung pada area anus dan tidak dapat penderita dorong kembali

Pengobatan Efektif Untuk Ambeien

Pengobatan Efektif Untuk Wasir – Umumnya ambeien bisa sembuh dengan sendirinya selama beberapa hari namun tetap harus melakukan pengobatan untuk mengurangi keluhan yang Anda alami. Berikut ini beberapa metode pengobatan ambeien adalah sebagai berikut :

  • Metode Flash Optical Laser
    yaitu salah satu tindakan medis yang berguna untuk mengatasi permasalahan ambeien dengan memanfaatkan teknologi minimal invasive. Metode terapi laser ini dilakukan pada ambeien dengan cara mereduksi jaringan yang mengalami dilatasi atau pembengkakan. Tindakan ini tidak menyentuh area anodem dan mempunyai sifat rekonstruksi anatomi rectum secara alami.
  • Metode Radiofrekuensi
    ialah teknologi yang cukup baru dalam mengatasi wasir dengan efektivitas terapi yang dapat mencapai 90% tanpa menimbulkan luka bakar. Prinsip dari radiofrekuensi ablasi ini ialah dengan memanfaatkan gelombang radio 4.0 Mhz sehingga tidak akan menyebabkan rasa panas.
  • Metode PILA (Paran Injection Ligation for Ambeien)
    merupakan terapi yang mengkombinasikan injeksi agen skleroterapi dengan rubber band ligation atau biasa disebut dengan ligase karet. Pada beberapa literatur medis yang disebutkan dapat dikatakan bahwa injeksi skleroterapi dan ligase karet bisa cocok untuk digunakan bagi penderita ambeien pada tingkat 1, 2, dan 3 dengan minimal efek samping atau rsiko yang bisa dikatakan relatif kecil demikian halnya dengan tingkat kekambuhan pasca tindakan. Pada suntikan ini biasanya disuntikan ke pembuluh darah pada area sekitar ambeien dan bertujuan untuk menyusutkan ambeien tanpa menimbulkan rasa sakit.

 

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan ?
Kamu punya keluhan?
Saya ingin daftar, bagaimana caranya?