Artikel
Pengobatan Alami Ambeien Jakarta

Pengobatan Alami Ambeien Jakarta

Pengobatan Alami Ambeien Jakarta
Pengobatan Alami Ambeien Jakarta

Pengobatan Alami Ambeien Jakarta – Ambeien merupakan suatu pembengkakan pada area pembuluh darah di anus dan rektum yang bisa menyebabkan rasa sakit, gatal, dan pendarahan dubur. Pada kondisi ini bisa terjadi di dalam maupun di luar. Untuk mengatasi ambeien ini sebenarnya tidak perlu berakhir dengan operasi. Apabila kondisinya masih ringan cukup diatasi dengan obat-obatan saja.

Rasa nyeri karena ambeien sangatlah tidak nyaman. Namun untungnya ada obat alami ambeien yang bisa Anda coba di rumah. Obat-obatan ini bisa Anda konsumsi atau oleskan ke area wasir. Selain menggunakan obat-obatan ini, perlu juga menjaga asupan makanan supaya bisa terhindar dari sembelit karena feses yang keras dan akan memperparah rasa nyeri saat ingin buang air besar.

Beberapa Obat Alami Untuk Ambeien

Berikut ini merupakan beberapa pengobatan alami atau rumahan secara umum yang dapat membantu meringankan gejala ambeien yaitu :

  • Mandi dengan air hangat dan garam

Mandi dengan air hangat dapat membantu untuk meredakan iritasi karena wasir. Caranya adalah dengan menggunakan bak mandi cucuk agar bisa merendam area yang nyeri. Mandi air hangat dengan garam epsom selama 20 menit setelah BAB dapat menjadi obat alami ambeien. Menambahkan garam epsom ke dalam bak mandi bisa memberikan kelegaan karena mengurangi rasa sakit.

  • Kompres dengan air dingin

Obat alami lainnya yang tidak menimbulkan efek samping adalah dengan memberikan kompres dingin. Caranya dengan mengoleskan kompres es ke anus untuk meredakan pembengkakan. Lakukan selama 15 menit. Pastikan untuk membungkus es di dalam kain atau handuk . Jangan mengoleskan sesuatu yang beku ke area kulit karena dapat membahayakan atau merusak kulit

  • Menggunakan gel lidah buaya

Gel lidah buaya sering dipakai untuk menjadi obat alami ambeien. Tanaman ini memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi. Gel lidah buaya ini dapat ditemukan sebagai bahan dalam produk lain seperti tabir surya atau lotion. Tetapi sebaiknya hanya menggunakan gel lidah buaya murni karena bahan dan zat tambahan lainnya bisa mengiritasi wasir. 

  • Tisu basah

Memakai kertas tisu setelah buang air besar dapat mengiritasi wasir. Maka dari itu ada baiknya jika menggunakan tisu basah untuk membantu area dubur tetap bersih tanpa menyebabkan iritasi lebih lanjut. Selain itu juga bisa menggunakan tisu yang mempunyai bahan anti wasir yang menenangkan seperti witch hazel atau lidah buaya. Pastikan juga tisu tidak mengandung alkohol, parfum, atau bahan iritan lainnya. Zat ini mampu memperburuk gejala wasir daripada meredakannya.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa mempunyai sifat inflamasi yang kuat dan mampu mengurangi peradangan. Sifat analgesiknya bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan yakibat wasir. Sifat antibakterinya juga memungkinkan wasir bisa sembuh lebih cepat. Konsumsi minyak kelapa murni secara rutin dan oleskan secara eksternal. 

  • Bunga pagoda

Bunga pagoda ini dikenal memiliki rasa yang manis di bagian bunganya. Selain terasa manis, bunga pagoda ini mengandung saponidan polifenol, alkaloid, dan flavonoida yang bisa dipakai untuk menyembuhkan ambeien. Cara pemakaiannya cukup dengan meminum air dari rebusan bunga pagoda.

  • Cocor bebek

Tanaman ini bisa digunakan untuk menyembuhkan ambeien tanaman ini mengandung glikosida, damar, biofilin, magnesium malat, kalsium, oksalat, asam formiat, dan tanin yang menjadikan tanaman ini berfungsi sebagai obat anti peradangan.

Caranya adalah dengan pertama jemur daun cocor bebek hingga kering dengan panas sinar matahari. Setelah kering, akan tumbuh daun cocor bebek kering hingga halus. Lalu terakhir buat teh dengan menggunakan bubuk daun cocor bebek dan seduh seperti teh.

  • Daun sirsak

Kandungan antibakteri pada daun sirsak bisa menjadi alternatif untuk mengobati ambeien. Caranya adalah dengan menggunakan 5 lembar daun sirsak dan 2 gelas air putih. Rebus lah 2 gelas air putih dan 5 lembar daun sirsak sampai hanya tersisa 1 gelas saja. Lalu minum air rebusan tersebut setiap pagi dan malam sampai sembuh.

  • Urang aring

Cara mengobati ambeien ini dengan menggunakan urang aring yakni dengan diminum dan dioleskan pada bagian benjolan. Caranya adalah dengan merebus daun urang aring hingga matang dan minum air rebusan nya. Jika ingin dijadikan olesan juga bisa maka daun urang aring harus ditumbuk hingga halus terlebih dahulu.

  • Akar kangkung

Kangkung mengandung zat vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, dan zat besi. Selain bisa untuk dimakan, akar daun kangkung juga bisa dipakai untuk dijadikan obat ambeien.

Cara menggunakannya ialah hanya dengan mencuci batang dan akar kangkung terlebih dahulu. Merebus batang dan akar kangkung dengan 2 gelas air putih, lalu rebus hingga kandungan air kira-kira tersisa 1 gelas. Setelah itu baru diminum air rebusan akar kangkung setiap hari.

Penjelasan di atas merupakan beberapa cara untuk mengatasi ambeien selain dengan bantuan medis atau ke dokter. Namun apabila dengan cara di atas tetap tidak membuahkan hasil, alangkah baiknya tetap konsultasikan ke dokter di Vena Wasir Center. VWC memiliki beberapa cabang di Jakarta yang bisa kamu kunjungi di antaranya:.

  • VWC TB Simatupang
  • RS Kartika Pulomas
  • Klinik SMC Pluit

 

Baca Juga : Terapi Untuk Ambeien Stadium 4

Call Center : https://wa.me/6282110333310

 

 

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan ?
Kamu punya keluhan?
Saya ingin daftar, bagaimana caranya?