Artikel
Penanganan Terapi Wasir

Penanganan Terapi Wasir

Penanganan Terapi Wasir
Penanganan Terapi Wasir

Penanganan Terapi Wasir – Wasir adalah suatu kondisi seseorang ketika memiliki benjolan pada area anus. Benjolan yang muncul bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena sering mengangkat beban terlalu berat, mengejan terlalu keras, atau akibat melahirkan jika terjadi pada wanita. 

Pada dasarnya penyebab wasir terjadi adalah adanya peningkatan tekanan pada area perut hingga rektum sehingga menyebabkan pembuluh vena di rektum membesar dan bengkak membentuk sebuah benjolan. Penanganan wasir bisa dilakukan secara mandiri maupun dengan bantuan dokter di klinik atau rumah sakit. Jika Anda mengalami wasir dan membutuhkan informasi mengenai penanganan wasir bisa simak terus artikel ini ya!

Terapi Penanganan Wasir Mandiri

Penanganan Terapi Wasir – Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengatasi masalah wasir. Hal-hal ini tentunya berkaitan dengan perbaikan pola hidup yang lebih sehat, di antaranya:

#1. Mengonsumsi makanan berserat

Mengonsumsi makanan berserat tinggi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menangani wasir. Hal ini karena serat bisa membuat feses menjadi lebih lunak, sehingga Anda tidak perlu mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Beberapa makanan berserat yang baik Anda konsumsi bisa seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

#2. Perbanyak asupan cairan tubuh dengan air putih

Memperbanyak konsumsi air putih bisa menjaga feses tetap lunak dan mengurangi kemungkinan terjadinya sembelit. Selain itu, Anda juga harus menghindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol karena dapat menyebabkan ambeien bertambah parah.

#3. Senantiasa menjaga kebersihan anus

Untuk menangani sekaligus mencegah komplikasi infeksi dari wasir di anus menjadi pecah, Anda sebaiknya rutin membersihkan kulit di sekitar anus. Gunakan handuk kecil yang lembut, lalu tepuk-tepuk area kulit anus perlahan. Hindari pemakaian sabun pembersih yang mengandung pewangi atau zat kimia berbahaya lainnya untuk mencegah iritasi.

#4. Jangan menunda buang air besar

Menunda buang air besar dapat membuat feses menjadi keras dan kering, sehingga memungkinkan Anda harus mengejan terlalu kuat. Oleh karena itu, segeralah ke kamar mandi apabila Anda telah merasakan dorongan untuk buang air besar.

#5. Lakukan olahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur tidak hanya berguna untuk membakar kalori atau menurunkan berat badan. Tetapi juga bisa berguna untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah terjadinya sembelit. Oleh karena itu, Anda dianjurkan berolahraga minimal 20-30 menit setiap harinya.

#6. Hindari posisi duduk terlalu lama

Meskipun tidak mebawa pengaruh yang signifikan dalam menimbulkan benjolan wasir, aktivitas duduk terlalu lama dapat memberikan tekanan pada perut hingga anus. Maka dari itu hindari duduk terlalu lama. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas fisik lainnya yang menjaga kestabilan tekanan pada area perut dan sekitarnya sehingga tidak menimbulkan pelebaran atau pembengkakan pembuluh darah. 

Penanganan Wasir di Klinik 

Penanganan Terapi Wasir – Ada banyak jenis penanganan wasir di klinik atau rumah sakit seperti skeloterapi, hemorrhoidectomy, hingga ligasi pita karet. Tindakan-tindakan tersebut merupakan tindakan operasi konvensional yang memerlukan pembedahan sehingga banyak ditakuti sebagian orang. Dengan perkembangan teknologi dan melihat masalah yang demikian, saat ini telah hadir pengobatan wasir dengan metode modern. Berikut informasinya.

#1. Pengobatan Metode Flash Optical Laser

Pengobatan dengan menggunakan Flash Optical Laser memanfaatkan energi laser untuk mengecilkan wasir. Keunggulan pemilihan flash optical laser yaitu pasien akan merasa lebih nyaman karena rasa nyeri yang minimal saat proses tindakan, risiko komplikasi pasca-tindakan pun minimal. Selain itu, risiko wasir kambuh rendah. Waktu tindakan dan proses penyembuhan pun cepat, serta tanpa perlu rawat inap.

#2. Pengobatan Metode Radiofrekuensi

Radiofrekuensi merupakan teknologi baru untuk mengatasi wasir dengan efektivitas tindakan mencapai 90% tanpa luka bakar. Prinsip utama radiofrekuensi adalah memanfaatkan gelombang radio 4.0 Mhz yang selanjutnya dihantarkan melalui sebuah elektroda microfiber. Dengan demikian tindakan tidak menimbulkan rasa panas pada jaringan yang diberikan perlakukan radiofrekuensi.

#3. Pengobatan Metode PILA (Paran Injection Ligation for Ambeien)

PILA merupakan terapi yang mengkombinasikan injeksi agen skleroterapi dengan rubber band rigation atau ligasi karet. Injeksi skleroterapi dan ligasi karet sangat cocok digunakan untuk ambeien derajat 1, 2 dan 3 dengan minimal efek samping atau risiko yang relatif kecil. Demikian halnya dengan tingkat kekambuhan pasca tindakan.

 

Konsultasikan masalah wasir Anda dengan dokter profesional di klinik Vena Wasir Center. Hubungi call center di bawah ini atau kunjungi website venawasir.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Baca Juga : Keunggulan Metode Radiofrekuensi

Call Center : https://wa.me/6282110333310

 

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan ?
Kamu punya keluhan?
Saya ingin daftar, bagaimana caranya?