Artikel
Obat Benjolan di Dubur, Yuk Cari Tahu Dulu Penyebabnya

Obat Benjolan di Dubur, Yuk Cari Tahu Dulu Penyebabnya

Obat benjolan di dubur ternyata ada berbagai macam jenisnya, mulai dari menggunakan bahan alami hingga menggunakan obat konvensional. Namun, penggunaan obat tersebut tidak bisa sembarangan karena kita harus mengetahui secara pasti apa penyebab benjolan di dubur tersebut. Banyak orang salah mengalahartikan benjolan sebagai bisul. Padahal, ada beberapa masalah kesehatan yang identik dengan bisul, salah satunya adalah ambeien, hingga kelenjar getah bening. Lalu, bagaimana cara membedakan benjolan bisul dan benjolan pada penyakit lainnya? Dan, apa saja pengobatannya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut! 

Penyebab bisul

Mengutip National Library of Medicine (2021) menyebutkan bahwa bisul terjadi akibat infeksi kulit oleh bakteri. Bisul sendiri berbentuk seperti jerawat besar berisi nanah dan dapat terjadi pada hampir semua bagian tubuh. Meskipun umumnya, bisul tumbuh di area bokong, ketiak, leher, paha, selangkangan, atau area yang sering mengalami gesekan. Pada umumnya, bisul akan hilang dengan sendirinya. Mengutip dari National Library of Medicine menyebutkan bahwa munculnya bisul juga bisa menjadi tanda seseorang sedang memiliki imun yang lemah. Sehingga, dapat berisiko terkena infeksi. Jadi, meskipun bukanlah masalah kesehatan berbahaya, bisul tetap harus mendapatkan penanganan medis jika diperlukan.  

Cara membedakan bisul dengan masalah kesehatan lainnya 

Tak semua benjolan yang muncul di tubuh merupakan bisul. Ada beberapa masalah kesehatan lain yang muncul dengan gejala mirip seperti bisul. Pada umunya, bisul memiliki ciri atau gejala seperti: 

  • Muncul benjolan berwarna merah atau keunguan dengan bengkak di area sekitar benjolan
  • Adanya rasa nyeri di sekitar benjolan 
  • Dapat membesar seiring berjalannya waktu 
  • Peningkatan ukuran biasanya disertai dengan munculnya nanah di dalam benjolan 
  • Nanah yang ada di dalam benjolan dapat pecah dan berwarna seperti kuning telur. 

Beberapa masyarakat masih banyak menyalahartikan benjolan seperti masalah ambeien, hingga tumor. Pada umumnya, benjolan yang muncul di area anus, memiliki tekstur lembek merupakan benjolan akibat ambeien. Namun, jika benjolan tersebut terasa keras, permukaan tak rata, maka benjolan tersebut merupakan tumor. 

Namun, untuk mendapatkan diagnosis lebih lanjut, sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter jika kamu merasa munculnya benjolan yang mengganggu. 

Obat benjolan di dubur dengan  bahan alami 

Jika benjolan tersebut adalah akibat bisul, maka kamu bisa mencoba untuk mengobatinya dengan perawatan sederhana di rumah menggunakan bahan alami. Merangkum dari National Health Service, berikut adalah beberapa pengobatan alami yang ampuh redakan bisul. 

  • Kompres bisul dengan air hangat selama 10 menit 
  • Rajin bersihkan area bisul dengan sabun antibakteri jika bisul sudah mengeluarkan nanah 
  • Tutupi bisul dengan perban atau kain kasa 
  • Rajin mandi dan cuci tangan secara teratur 
  • Konsumsi ibuprofen jika memang sudah merasa nyeri tak tertahankan 
  • Jaga kebersihan dengan rajin mencuci handuk dan sprei tempat tidur

Kamu juga bisa mengoleskan tea tree oil atau bubuk kunyit pada bisul agar mengurangi inflamasi. Selain itu, garam Epsom, minyak jarak, hingga minyak mimba juga terkenal dapat membantu mengatasi bisul. 

Baca juga: Cara Mengobati Bisul Yang Bisa Kamu Coba

Obat benjolan di dubur secara medis

Umumnya, bisul dapat hilang dengan sendirinya jika kamu melakukan perawatan dengan baik. Namun, bisul yang sudah terinfeksi harus tetap segera mendapatkan pertolongan medis agar tak bertambah buruk. Berikut adalah tahapan pengobatan medis pada masalah bisul. 

  • Pemberian resep obat 

Pada sebagian besar kasus bisul, dokter biasanya akan memberikan resep obat antibiotik, obat topical, maupun oral untuk mengatasi bisul seperti Mipurocin, Gentamicin, Cephalexin untuk mengatasi bisul. 

  • Tindakan operasi

Meskipun sangat jarang, tindakan operasi bisa pasien jalani jika bisul tidak kunjung pecah, sudah sangat membesar, dan muncul lebih dari satu. 

Namun, jika kamu mengalami benjolan di area kelamin dan sekitarnya, kamu bisa segera melakukan konsultasi dengan dokter spesialis di klinik Vena Wasir Center. Klinik Vena Wasir Center melayani masalah kesehatan seperti wasir, fistula ani, ataupun kondiloma, di mana penyakit tersebut ditandai dengan munculnya benjolan mirip bisul. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengobatan di klinik Vena Wasir Center, silakan untuk klik di sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan ?
Kamu punya keluhan?
Saya ingin daftar, bagaimana caranya?