Artikel
Mengenali Gejala Wasir & Mengambil Tindakan Tepat

Mengenali Gejala Wasir & Mengambil Tindakan Tepat

Mengenali Gejala Wasir – Wasir adalah kondisi medis yang umum terjadi di sekitar anus dan rektum. Wasir memiliki beberapa jenis seperti wasir internal, eksternal, dan trombosis. Wasir internal terletak di dalam rektum dan biasanya tidak terlihat atau teraba. Mereka sering kali tidak menimbulkan gejala yang nyata, kecuali jika sudah mencapai tingkat keparahan tertentu. Wasir dalam dapat menyebabkan pendarahan saat buang air besar.

Sementara itu, Wasir eksternal terjadi di luar anus dan dapat terlihat atau teraba sebagai benjolan atau tonjolan di sekitar anus. Wasir eksternal biasanya lebih terasa nyeri dan dapat menyebabkan gatal-gatal, peradangan, atau perdarahan jika teriritasi.

Wasir trombosis sendiri adalah jenis wasir eksternal yang mengalami pembekuan darah di dalamnya. Hal ini menyebabkan benjolan yang keras dan sangat nyeri. Wasir trombosis seringkali memerlukan perawatan medis yang segera. Meskipun banyak jenisnya, namun gejala wasir ini cenderung sama. Berikut pembahasan mengenai gejala wasir.

Mengenali Gejala Wasir
Mengenali Gejala Wasir

Kenali Gejala Wasir

Mengenali Gejala Wasir – Gejala wasir dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan kondisi. Berikut beberapa gejala yang dapat dirasakan pada wasir ringan dan wasir berat:

Wasir Ringan

  1. Gatal-gatal di sekitar anus.
  2. Rasa tidak nyaman atau iritasi di sekitar anus.
  3. Sensasi adanya tonjolan kecil di sekitar anus.
  4. Sedikit pendarahan saat buang air besar, biasanya dalam bentuk darah merah terang pada kertas toilet atau di permukaan tinja.
  5. Sensasi bahwa rektum tidak sepenuhnya kosong setelah buang air besar.

Wasir Berat

  1. Benjolan yang lebih besar atau tonjolan yang terlihat atau teraba di sekitar anus.
  2. Rasa nyeri yang lebih intens di sekitar anus.
  3. Pendarahan yang lebih sering atau lebih banyak, bisa terjadi selama buang air besar atau bahkan secara spontan.
  4. mengalami buang air besar atau merasa perlu mengejan lebih keras.
  5. Wasir prolaps, yaitu keluarnya wasir dari anus dan tidak dapat masuk kembali secara spontan.
  6. Perasaan tidak puas setelah buang air besar atau perasaan bahwa rektum tidak sepenuhnya kosong.
  7. Perubahan warna kulit di sekitar anus karena iritasi atau infeksi.

Penting untuk diingat bahwa gejala dapat bervariasi antar individu, dan tidak semua orang akan mengalami semua gejala ini. Jika Anda mengalami gejala wasir atau memiliki kekhawatiran, disarankan berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan perawatan yang tepat. Dokter akan dapat memberikan diagnosa yang akurat dan menyarankan pengobatan yang sesuai dengan tingkat keparahan wasir Anda.

Penanganan Gangguan Wasir

Mengenali Gejala Wasir – Tindakan yang diperlukan jika terkena wasir, baik ringan maupun berat, dapat meliputi:

Wasir Ringan

  1. Perubahan Gaya Hidup: Mengadopsi gaya hidup yang sehat dan menghindari faktor risiko yang dapat mengganggu wasir, seperti sembelit atau duduk terlalu lama.
  2. Konsumsi Serat: Meningkatkan asupan serat dalam makanan untuk melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Buah, sayuran, biji-bijian, dan sumber serat lainnya dapat membantu.
  3. Minum Cukup Cairan: mengeluarkan cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi dan menjaga tinja tetap lunak.
  4. Menghindari Menunda Buang Air Besar: Ketika merasa perlu buang air besar, segeralah pergi ke toilet dan hindari membuang air besar.
  5. Penggunaan Salep atau Krim Topikal: Gunakan salep atau krim topikal yang mengandung zat anestesi atau steroid untuk mengurangi rasa gatal, nyeri, dan nyeri di sekitar anus.
  6. Menggunakan Obat Pencahar atau Suplemen Serat: Jika perlu, dokter dapat merekomendasikan penggunaan obat pencahar atau suplemen serat untuk melunakkan tinja dan mencegah sembelit.

Wasir Berat

  1. Konsultasi dengan Dokter: Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan penanganan yang tepat. Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan memberikan rekomendasi pengobatan yang sesuai dengan tingkat keparahan wasir Anda.
  2. Terapi Non-Bedah: Dokter dapat merekomendasikan terapi non-bedah seperti skleroterapi, ligasi pembuluh darah elastik, atau terapi flash optical laser untuk mengobati wasir berat. Prosedur ini dapat membantu mengurangi gejala dan menghilangkan wasir.
  3. Penggunaan Obat-obatan: Dokter juga dapat meresepkan obat-obatan, seperti obat antiinflamasi atau pencahar, untuk membantu mengurangi peradangan, nyeri, dan meringankan gejala wasir.

Penting untuk mengikuti petunjuk dan saran dokter secara tepat serta memberi tahu mereka tentang gejala atau perubahan alami Anda. Setiap tindakan atau pengobatan harus disesuaikan dengan kebutuhan individu dan kondisi spesifik Anda.

 

Baca Juga :         Alasan Penting Mencegah Wasir

Call Center :          https://wa.me/6282110333310

 

 

 

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan ?
Kamu punya keluhan?
Saya ingin daftar, bagaimana caranya?