Artikel
Klinik Pengobatan Wasir Bogor

Klinik Pengobatan Wasir Bogor

Klinik Pengobatan Wasir Bogor
Klinik Pengobatan Wasir Bogor

Klinik Pengobatan Wasir Bogor – Wasir atau ambeien merupakan masalah umum yang kerap menyerang banyak orang, mulai dari orang dewasa hingga orang lanjut usia. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (2020), sekitar 20,3 juta orang di Indonesia diperkirakan pernah mengidap wasir atau ambeien.

Wasir bukanlah penyakit yang dapat membahayakan tubuh, namun jika tidak segera mendapat penanganan, wasir dapat mengganggu aktivitas yang berisiko menyebabkan kematian jaringan. Sayangnya, tidak sedikit orang yang enggan melakukan pengobatan wasir, salah satunya karena faktor finansial.

Penyebab wasir

Untuk penyebab timbulnya wasir secara pasti masih belum diketahui, akan tetapi masalah ini diduda akibat adanya tekanan pada perut maupun tungkai yang sangat besar. Tekanan yang besar ini kemudian menyebabkan pembuluh darah di sekitar anus mengalami pembengkakan dan peradangan. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena wasir, yaitu:

  • Sembelit yang terus menerus atau konstipasi akibat kurangnya asupan serat dari makanan
  • Kebiasaan mengangkat beban yang berat
  • Sering duduk dalam waktu yang lama
  • Diare yang tidak ada hentinya atau berkepanjangan
  • Kebiasaan mengejan saat melakukan buang air besar
  • Batuk dan muntah-muntah dalam waktu yang berkepanjangan 
  • Terjadinya obesitas atau berat badan yang berlebih
  • Mengalami kehamilan 
  • Mempunyai riwayat wasir atau ambeien dalam keluarga
  • Seringnya melakukan seks anal

Di samping itu, beberapa kondisi medis juga dapat menyebabkan terjadinya wasir, yaitu:

  • Mempunyai penyakit radang usus
  • Terjadi penumpukan cairan dalam rongga perut (asites)
  • Memicu prolaps rektum
  • Terjadinya cedera tulang belakang
  • Mempunyai kanker usus besar

Tanda wasir

Klinik Pengobatan Wasir Bogor – Munculnya tanda atau gejala wasir tergantung pada jenis wasir yang dialami. Wasir tergolong dalam dua bentuk yaitu wasir eksternal dan wasir internal.

Wasir eksternal merupakan wasir yang ditandai dengan pembengkakan pembuluh darah di area luar anus sehingga nampak dari luar. Gejala umum yang muncul pada wasir eksternal adalah

  • Adanya rasa gatal atau iritasi, nyeri, dan di sekitar anus mengalami pembengkakan
  • Timbulnya rasa nyeri ketika benjolan yang menggantung di luar anus tersentuh
  • Saat buang air besar terjadi pendarahan

Wasir internal merupakan wasir yang akibat pembengkakan pembuluh darah yang berada di dalam anus sehingga wasir ini tidak terlihat dan tidak nampak dari luar. Tanda atau gejala yang dapat muncul meliputi:

  • Saat buang air besar timbul rasa nyeri dan pendarahan
  • Ketika mengejan terasa nyeru, 
  • Munculnya rasa gatal pada anus

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan?

Klinik Pengobatan Wasir Bogor – Apabila Anda mengalami gejala wasir dan tidak kunjung membaik maka segerakan untuk periksa ke dokter. Periksakan juga apabila Anda mengalami keluhan atau kondisi yang lebih serius, seperti:

  • Terjadinya perubahan warna dan konsistensi pada tinja
  • Terjadinya perubahan pola buang air besar dalam waktu berkepanjangan
  • Muncul pendarahan hebat
  • Mengalami pusing yang berkepanjangan dan pingsan

Hati-Hati Komplikasi Jika Tidak Segera Terobati

Wasir merupakan penyakit akibat pembengkakan pembuluh darah balik (pembuluh darah) yang terletak di bagian rektum atau anus. Pada umumnya gejala wasir ditandai dengan munculnya benjolan di daerah anus dengan rasa nyeri, keluarnya darah, sembelit maupun diare.

Sering dianggap sepele, ternyata wasir yang terabaikan juga dapat mengakibatkan komplikasi seperti anemia, infeksi, pembekuan darah, dan rasa nyeri hebat akibat kematian jaringan.

Oleh karena itu, apabila Anda memiliki penyakit wasir tidak boleh dianggap remeh. Menyegerakan pengobatan merupakan langkah yang sangat penting Anda lakukan sehingga dapat meminimalisir risiko terjadinya komplikasi wasir. 

Klinik Pengobatan Wasir Bogor
Klinik Pengobatan Wasir Bogor

Pengobatan Wasir

Klinik Pengobatan Wasir Bogor – Tidak sedikit pengobatan wasir yang dapat Anda lakukan, mulai dari pengobatan alami hingga pengobatan medis. Pengobatan secara alami umumnya tersedia untuk wasir tingkat 1 dan 2 yang mana gejala yang timbul tidak terlalu parah. Pengobatan secara alami ini dapat dengan cara melakukan perendaman air hangat dalam posisi duduk, dan menerapkan pola makan dan hidup sehat.

Namun, ketika wasir mencapai tingkat 3 dan 4, yang mana telah berbentuk benjolan berukuran besar dan menimbulkan nyeri hingga berdarah, maka perawatan medis merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini. 

Perawatan medis untuk wasir dimulai dengan pemeriksaan anuscopy, pemberian obat-obatan hingga prosedur seperti operasi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pengobatan wasir saat ini telah menggunakan teknologi modern, sehingga tidak terlalu menyakitkan, tidak terlalu berisiko, dan prosedur tanpa rawat inap.

Pengobatan Wasir Modern

Klinik Pengobatan Wasir Bogor – Berbagai tindakan modern untuk mengatasi wasir adalah:

#1. Flash Optical Laser atau Laser Hemorroidoplasty

Metode flash laser optik adalah salah satu metode terbaik yang telah dikembangkan di Jerman. Metode ini mengurangi wasir hingga 60% setelah operasi dengan pemanfaatan laser fiber. FOC juga meminimalkan rasa sakit, risiko, dan pendarahan.

#2. Radiofrekuensi

Radio frekuensi merupakan metode pengobatan wasir yang menggunakan gelombang radio untuk mengecilkan bentuk wasir. Metode ini sangat efektif untuk mengobati pada semua tingkatan wasir.

#3. PILA (Paran Injection Ligation for Ambeien)

PILA merupakan metode pengobatan wasir tingkatan 1 sampai 3 yang menggabungkan suntikan obat skleroterapi dan ligasi karet gelang (rubber band ligation).

Klinik Pengobatan Wasir Bogor

Klinik Pengobatan Wasir Bogor – Biaya yang diperlukan untuk pengobatan wasir tentunya tidak sedikit, hal inilah yang menjadi faktor tidak sedikit orang enggan melakukan pengobatan wasir yang mereka alami. Secara umum, biaya untuk melakukan pengobatan wasir berkisar puluhan juta rupiah.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa klinik yang menyediakan perawatan wasir dengan biaya yang cukup terjangkau. Salah satu klinik daerah Bogor yang mempunyai tempat pengobatan wasir dengan harga terjangka yang dapat Anda kunjungi yaitu RS. Mulia Padjajaran Bogor. 

Pengobatan wasir Rumah Sakit Mulia Padjajaran Bogor tentunya menggunakan teknologi yang modern yang mana sangat minim risiko dan efektik dalam menghilangkan wasir dari beragam tingkatan (derajat). Metode yang ditawarkan meliputi Flash Optical laser, Radiofrekuensi, sampai FILA.

Untuk lokasinya berada di Rumah Sakit Mulia Padjajaran Bogor, lantai 6. Dengan dr. Andri Mulia, Sp.B sebagai dokter yang melakukan praktik di klinik tersebut. Untuk melakukan pengobatan wasir di klini Padjajara, Anda hanya perlu menyiapkan biaya antara Rp 5 juta sampai Rp 45 juta saja.

 

Baca Juga : Cara Mengatasi Ambeien Luar

Call Center :  https://wa.me/6282110333310

 

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan ?
Kamu punya keluhan?
Saya ingin daftar, bagaimana caranya?