Artikel
Kenali Stadium Wasir dan Tanda-Tandanya

Kenali Stadium Wasir dan Tanda-Tandanya

Stadium wasir dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan tingkat keparahannya. Wasir memang bukan penyakit yang tidak bisa sembuh, namun jika membiarkannya bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain.  Stadium wasir pada tahap awal masih bisa sembuh tanpa operasi. Namun, jika sudah ada pada tahap yang parah, benjolan wasir harus segera mendapatkan tindakan operasi. Berikut adalah penjelasan mengenai stadium atau tahapan wasir.

Wasir

Wasir atau ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah pada rektum atau saluran pencernaan bagian bawah. Penyebabnya ada beberapa hal, seperti kebiasaan duduk terlalu lama, konsumsi makanan pedas, dan mengejan saat buang air besar. Berdasarkan tingkat keparahannya, ambeien terbagi ke dalam beberapa stadium.

Masing-masing tahapan wasir memiliki gejala yang berbeda sehingga penanganannya juga berbeda. Ambeien  yang masih di tahap awal, tentu saja penanganannya lebih mudah. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan ambeien  yang sudah ada pada stadium akhir karena penyakit tersebut tetap masih bisa sembuh.

Baca Juga: TANDA TANDA WASIR SEMBUH SETELAH PENGOBATAN DENGAN LASER

Stadium Wasir

Berikut adalah gejala dan penanganan masing-masing stadium ambeien, yakni stadium :

Satu

Tahap  satu adalah stadium ambeien yang paling ringan. Pada tahapan ini, gejala wasir belum terlalu terlihat. Namun, beberapa kasus menimbulkan keluarnya darah saat buang air besar. Benjolan wasir tahap satu tidak sampai keluar dari anus. Tahap satu menunjukkan bahwa wasir belum mencapai stadium yang berbahaya.

Cara mengatasinya tahap satu adalah dengan konsumsi banyak makanan mengandung serat dan cukup minum air  Tujuannya adalah memperlancar buang air besar karena dengans serat dan air yang cukup tinja akan bertekstur lunak.

Dua

Pada tahap kedua, anus mulai sering berdarah saat buang air besar. Benjolan ambeien  juga ikut keluar tiap kali buang air besar, tapi ia akan kembali masuk ke dalam dengan sendirinya setelah Anda tidak lagi mengejan.

Tiga

Pada tahap tiga, benjolan yang keluar melalui anus tidak hanya terjadi saat buang air besar tapi juga saat melakukan aktivitas sehari-hari. Benjolan tersebut tidak bisa masuk secara otomatis. Jadi, perlu mendorongnya dengan jari agar kembali masuk ke lubang anus.

Empat

Stadium wasir yang paling parah adalah tahap empat. Dalam tahap ini, benjolan anus selalu keluar setiap saat. Benjolan semakin membesar dari waktu ke waktu karena tidak mendapat penanganan yang tepat. Oleh karena itu,  tidak lagi bisa memasukkannya kembali ke dalam lubang anus dengan jari. Maka perlu memperhatikan kesehatan diri sendiri, termasuk munculnya gejala-gejala wasir. Jangan sampai mengalami stadium wasir yang sudah parah.

Baca Juga: 10 Tahun Menderita Wasir Stadium 4, Sekarang Sembuh!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan ?
Kamu punya keluhan?
Saya ingin daftar, bagaimana caranya?