Metode Pengobatan Modern Flash Optical Laser

Laser Optik Flash
Laser Optik Flash

Laser Optik Flash – Apa itu laser optik flash? Bagi sebagian orang yang baru mendengar istilah ini pasti bertanya-tanya mengenai apa sih FOL itu? Apakah istilah ini digunakan pada bidang elektronika, fotografi, atau bidang kesehatan? Bagaimana prinsip kerja dan kegunaannya? Tentunya ada banyak pertanyaan di benak kalian ketika belum mengetahui seperti apa flash optical laser. Untuk menambah sedikit wawasan kalian, artikel ini akan membahas informasi seputar metode ini, cara kerja, dan apa saja keunggulannya. Simak terus ya!

Metode Pengobatan Laser Optik Flash Terkini

Seperti namanya flash optical laser memanfaatkan energi laser dalam penggunaannya. Seperti yang kita ketahui bahwa laser memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari di semua bidang. Mulai dari kedokteran, kimia, biologi, industri, elektro, hingga astronomi. Di bidang kedokteran laser dimanfaatkan dalam berbagai hal seperti terapi kecantikan, penyembuhan luka, hingga pengobatan sejumlah penyakit seperti kanker dan wasir. 

Pada pengobatan wasir metode penanganan dengan menggunakan laser sering menjadi alternatif pilihan. Metode dengan nama flash optical laser ini memiliki banyak keunggulan sehingga kerap kali dianjurkan oleh doker. Bagi pasien yang sudah memahami mengenai mekanisme kerja dan keunggulan metode ini pasti akan berminat dan tidak merasa ketakutan seperti saat memilih metode bedah.

Sebelumnya perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa FOL merupakan metode terkini dalam penanganan penyakit seperti wasir. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan laser untuk mengecilkan benjolan wasir. FOL merupakan tindakan medis untuk mengatasi ambeien dengan menggunakan teknologi minimal invasive yang minim luka sayatan dan rasa nyeri. 

Prinsip kerja dari FOL pada wasir adalah mereduksi jaringan yang mengalami dilatasi atau pembengkakan. Seperti yang kita ketahui benjolan wasir muncul karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah di daerah sekitar anus.

Sehingga penangan yang harus dilakukan adalah menghilangkan benjolan tersebut dan mencegahnya tumbuh kembali. Tindakan dilakukan tanpa menyentuh daerah anoderm. Metode ini bersifat melakukan rekonstruksi anatomi rektum secara alami.

Keunggulan Metode FOL

Sebagai salah satu jenis metode pengobatan dengan menggunakan teknologi terkini, flash laser optik menawarkan sejumlah keunggulan. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki:

#1. Tidak memerlukan pemotongan jaringan

Proses penanganan wasir dengan metode ini tidak dilakukan dengan memotong jaringan. Tetapi mengempiskan jaringan dengan laser energi sinar sehingga sangat meminimalisir luka sayatan. Bekas luka yang timbul pasca tindakan jauh berbeda dengan bekas luka pada tindakan konvensional yang memotong jaringan secara langsung.

#2. Nyeri dan pendarahan yang minimal 

Flash optical laser merupakan tindakan invasif yang minim menimbulkan rasa nyeri dan pendarahan. Sebab tindakan ini tidak dengan teknik bedah. Pemanfaatan sinar laser bekerja sangat efektif untuk menghilangkan benjolan wasir tanpa menimbulkan rasa nyeri.

#3. Tindakan hanya berlangsung 10-15 menit

Keunggulan yang dimiliki selanjutnya adalah waktu tindakan yang relatif singkat. Jika pada metode operasi konvensional tindakan bisa berlangsung sampai 1 jam, pada penggunaan metode ini hanya cukup dengan 10-15 menit. Semakin kecil ukuran benjolan wasir maka semakin singkat waktu untuk bertindak. 

#4. Tanpa rawat inap (layanan penitipan satu hari)

Setelah tindakan dengan flash optical laser selesai, pasien tidak perlu dirawat inap. Pasca tindakan pasien langsung bisa pulang saat itu juga dan melakukan pemulihan secara mandiri di rumah.

#5. Pemulihan tidak membutuhkan waktu yang lama

Pasien tidak membutuhkan waktu lama untuk pemulihan. Pasca tindakan dengan menggunakan FOL, pasien bisa langsung beraktivitas kembali seperti sedia kala.

Lakukan Ini Pasca Tindakan Flash Optical Laser

Meskipun efek samping tindakan ini sangat minim dan kondisinya akan membaik dalam hitungan hari, Anda tetap perlu melakukan atau menghindari beberapa hal untuk membantu proses pemulihan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan setelah melakukan tindakan flash optical laser untuk wasir:

#1. Tetap menjalankan aktivitas biasa

Pasca tindakan operasi baik dengan metode konvensional maupun modern, pasien pasti akan merasa sedikit lelah. Lakukanlah istirahat secukupnya untuk mengembalikan energi. Kemudian apabila merasa energi sudah cukup sebaiknya badan segera digunakan untuk beraktivitas. Anda bisa memulainya dengan hal-hal kecil misalnya seperti berjalan kaki.

#2. Jangan mengangkat beban berat

Salah satu penyebab seseorang memiliki wasir adalah karena kebiasaan sering mengangkat beban yang berat. Mengangkat beban terlalu berat dapat menimbulkan tekanan pada area perut sehingga terjadi pembesaran pembuluh vena di area rektum. Oleh karena itu, untuk mencegah wasir tumbuh kembali pasca pengobatan sebaiknya menghindari aktivitas mengangkat beban berat.

#3. Hindari duduk dalam waktu yang lama

Aktivitas duduk terlalu lama juga dapat menimbulkan tekanan pada area perut dan jaringan di sekitarnya. Hal tersebut dapat memicu wasir tumbuh kembali.

#4. Bersihkan area anus dengan hati-hati

Meskipun tindakan flash optical laser sangat minim luka sayatan tetapi membersihkan area anus pasca operasi harus tetap dilakukan dengan hati-hati. Hal ini agar mencegah timbulnya iritasi.

#4. Perbanyak konsumsi air putih dan makanan berserat tinggi

Mengonsumsi air putih dan makanan berserat yang cukup akan membantu menjaga kondisi feses Anda. Kondisi feses akan lebih lunak dan proses BAB akan lebih lancar.

#5. Jangan mengejan terlalu kuat saat BAB

Baik pasca operasi maupun sebaiknya menghindari aktivitas mengejan terlalu kuat saat BAB. Hal tersebut dapat memicu timbulnya benjolan wasir atau membuat wasir yang sembuh tumbuh kembali.

#6. Minumlah obat dari dokter sesuai petunjuk yang diberikan

Pasca operasi biasanya Anda akan dokter beri obat-obatan untuk membantu proses pemulihan. Minumlah secara teratur sesuai petunjuk.

Itulah beberapa informasi mengenai flash optical laser, keunggulan, serta beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu proses pemulihan pasca tindakan. Jika Anda mengalami masalah wasir, Anda bisa mengunjungi klinik Vena Wasir Center untuk segera mendapatkan pertolongan yang tepat.

Klinik Vena Wasir Center menyediakan layanan dengan penggunaan metode modern ini. Jika Anda masih ragu, bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter di klinik ini.

 

Baca Juga :  Fakta Penyakit Ambeien

Call Center :   https://wa.me/6282110333310

 

 

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan ?
Kamu punya keluhan?
Saya ingin daftar, bagaimana caranya?