Artikel
Ciri Khusus Perbedaan Penyakit Ambeien dan Kanker Anus

Ciri Khusus Perbedaan Penyakit Ambeien dan Kanker Anus

Ciri penyakit ambeien biasanya berupa benjolan yang terdapat pada area anus, baik yang ada di dalam rektum maupun luar anus.  Selain itu, pendarahan pada area anus pun sering terjadi, baik pada penderita wasir maupun penderita kanker anus. Meskipun begitu, kita masih bisa membedakannya dengan ciri khusus tertentu, seperti warna darah yang ke luar, hingga bentuk dan tekstur benjolan yang terdapat pada area anus. Berikut adalah beberapa ciri dan perbedaan khusus dari penyakit ambeien dan kanker anus! 

Apa itu ambeien 

Ciri Khusus Perbedaan Penyakit Ambeien dan Kanker Anus

Ambeien atau hemoroid merujuk pada kondisi membengkaknya pembuluh darah di area anus yang biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti, terlalu keras mengejan saat BAB, sembelit, obesitas, terlalu lama duduk, hingga kondisi kehamilan. Beberapa penyebab tersebut dapat mengganggu sirkulasi darah pada area anus. Saat aliran tersebut tersumbat dan mengumpul di area anus, maka akan menyebabkan pembuluh darah menjadi teriritasi hingga meradang. Meskipun bukan termasuk ke dalam suatu penyakit yang berbahaya. Namun, ambeien dapat menimbulkan beberapa komplikasi seperti anemia, strangulasi ambeien, hingga kematian jaringan ambeien. 

Apa itu kanker anus 

Sedangkan kanker anus merupakan kondisi atau masalah kesehatan yang lebih berbahaya daripada ambeien. Hal ini karena, kanker merupakan pertumbuhan sel-sel ganas pada area anus akibat infeksi penyakit menular seksual, terutama HPV (Human Papilloma Virus). Sehingga dapat merusak sel-sel pada area anus dengan memicu gejala yang hampir mirip dengan wasir atau ambeien. Seperti, munculnya benjolan atau tumor di area anus, keluarnya lendir atau darah, nyeri, dan perubahan pola BAB, hingga warna pada feses. Mengutip dari artikel Medical News Today (2021) menyebutkan bahwa meskipun berbahaya, kanker anus ini bisa sembuh terutama jika terdeteksi pada stadium awal. 

Ciri khusus perbedaan keduanya 

Meskipun keduanya merupakan penyakit yang berbeda, akan tetapi banyak penderita yang sering salah dalam mengartikan gejala ambeien dan gejala pada kanker anus. Oleh karena itu, agar tidak salah melakukan penanganan pada keduanya, sebaiknya mengetahui gejala yang nampak akan memudahkan kita untuk mendeteksi suatu penyakit. Mengutip dari Medical News Today (2021) berikut adalah kunci dan ciri khusus untuk membedakan keduanya, seperti: 

  • Perhatikan darah yang ke luar saat BAB 

Salah satu gejala yang muncul pada ambeien dan kanker adalah keluarnya darah ketika BAB. Namun, kamu bisa membedakan keduanya dengan memerhatikan warna darah yang keluar. Pada darah yang keluar akibat wasir biasanya berwarna merah terang karena berasal dari bagian luar anus. Namun, darah yang keluar akibat kanker biasanya berwarna merah maroon atau kehitaman yang menyatu dengan warna feses. 

  • Warna benjolan

Benjolan pada wasir biasanya berwarna merah keunguan hal ini karena benjolan tersebut berasal dari pembuluh darah merah di sekitar anus. Sedangkan benjolan keras yang memiliki warna lainnya, maka kemungkinan adalah tumor yang bisa berubah menjadi kanker.   

  • Lendir 

Selain mengeluarkan darah, terkadang anus pada penderita kanker anus juga mengeluarkan cairan lendir berwarna putih. Jika, sudah memiliki gejala seperti ini maka sebaiknya segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca juga: Klinik Wasir Jakarta Pilihan Utama Pengobatan Wasir Anak

Pemeriksaan pada kanker dan ambeien 

Jika, kamu ingin lebih memastikan benjolan yang dialami merupakan gejala wasir biasa atau justru kanker anus. Maka, sebaiknya pilihlah klinik wasir terdepan dan terbaik seperti klinik Vena Wasir Center. Pemeriksaan di klinik Vena Wasir Center menggunakan anoscopy yang terdapat kamera di ujungnya. Pemeriksaan seperti ini akan lebih detail dalam mendeteksi sebuah masalah pada anus. Selain itu pemeriksaan di klinik Vena Wasir Center juga dilakukan oleh dokter spesialis bedah berpengalaman dengan jam terbang tinggi.

 

Baca juga: Biaya Operasi Ambeien Terbaru, Yuk Cek di Sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan ?
Kamu punya keluhan?
Saya ingin daftar, bagaimana caranya?