Artikel
Cara Menghilangkan Ambeien Pada Remaja

Cara Menghilangkan Ambeien Pada Remaja

Cara menghilangkan ambeien pada remaja sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan menjalani pola gaya hidup sehat. Ambeien atau wasir tidak hanya terjadi pada lansia atau wanita hamil saja, tapi juga pada remaja. Mengapa? Remaja rentan mengembangkan gaya hidup tidak sehat. Mereka cenderung mengonsumsi makanan tidak sehat seperti junkfood atau makanan siap saji dan cenderung melakukan diet yang ekstrem.

Selain itu, remaja sekarang ini  juga cenderung melakukan gaya hidup sedenter, yaitu perilaku yang membutuhkan pengeluaran energi yang sangat rendah, seperti duduk atau berbaring sambil menonton televisi, bermain game elektronik,membaca, dan lain sebagainya. Gaya hidup sedenter dapat menurunkan aktivitas fisik dan berpotensi membuat individu mengalami obesitas. Hal inilah yang kemudian menjadi faktor risiko penyebab ambeien. 

Faktor Risiko Penyebab Ambeien

Berikut adalah berbagai faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena wasir:

1. Mengalami sembelit kronis

Kotoran atau feses yang mengeras akibat sembelit akan membuat sulit untuk mengeluarkan sehingga untuk bisa keluar perlu mengejan dengan tenaga lebih banyak. Tekanan ekstra tersebut kemudian bisa memicu pembengkakan pembuluh darah pada anus, yang kemudian menjadi penyebab wasir.

2. Kehamilan

Seiring usia kehamilan yang semakin bertambah, rahim akan ikut berkembang mengikuti perkembangan janin. Tekanan pada rahim ini kemudian akan menekan pembuluh darah yang ada pada usus besar sehingga bisa memicu munculnya benjolan pada daerah anus.

3. Duduk terlalu lama

Kebiasaan duduk terlalu lama bisa menjadi penyebab kondisi ini, sebab pembuluh darah sekitar anus akan banyak terisi darah. Aliran darah yang konstan tersebut akhirnya akan menekan dinding pembuluh darah hingga semakin membesar.

4. Mengangkat benda berat

Berulang kali mengangkat benda yang berat bisa menjadi faktor risiko penyebab ambeien. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan tekanan pada bagian rektum yang akan memengaruhi aliran darah sehingga membuat pembuluh darah menjadi bengkak.

5. Usia

Kondisi tubuh yang semakin menua secara alami menyebabkan jaringan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus semakin melemah dan meregang sehingga rentan membengkak. Inilah yang akhirnya jadi penyebab ambeien.

Cara Menghilangkan Ambeien Pada Remaja

Meski umumnya ambeien dapat pulih dengan sendirinya dalam beberapa hari, pengobatan tetap harus dilakukan untuk membantu mengurangi keluhan yang terasa. Beberapa metode pengobatan ambeien yang dapat dilakukan, antara lain:

Obat-obatan

Salah satu metode untuk mengobati ambeien bisa dengan  menggunakan obat-obatan. Obat-obatan tersebut bisa di apotik atau dengan menggunakan resep dokter.

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi wasir, mulai kebiasaan sehari-hari, cara alami, atau tindakan medis yaitu dengan operasi. Namun, untuk pencegahan, wasir bisa teratasi dengan menerapkan pola hidup yang sehat, seperti:

Memperbanyak konsumsi serat

Ambeien umumnya bisa terjadi lagi karena tubuh kekurangan serat. Untuk itu, cara mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi makanan cukup serat setiap hari. Contoh makanan tinggi serat yang baik untuk penderita ambeien seperti, buah-buahan, sayuran, nasi merah, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Banyak minum air putih

Air mempunyai peran yang penting untuk menyehatkan pencernaan. Dengan cukup meminum air bisa membuat saluran pembuangan tubuh menjadi baik.

Jangan terlalu banyak berdiri atau duduk

Terlalu lama berdiri atau duduk juga tidak baik, loh. Apabila sudah lama berdiri, maka carilah waktu untuk duduk sebentar. Begitu juga sebaliknya, apabila sudah lama duduk, ambilah waktu untuk berdiri sebentar untuk meregangkan otot-otot.

Rutin olahraga

Dengan berolahraga 20 sampai 30 menit sehari, bisa membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah terjadinya wasir. Selain itu juga untuk merangsang perut dan membuat jadwal buang air besar menjadi teratur.

Tindakan Medis

Jika pengobatan wasir secara mandiri tidak menghilangkan gejalanya, langkah yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter. Dokter biasanya akan menyarankan untuk meminum obat terlebih dahulu. Namun, jika wasir tidak kunjung sembuh atau bahkan bertambah parah, pengobatan wasir dengan prosedur medis dapat menjadi pilihan. Beberapa prosedur pengobatan ambeien yang umum dilakukan antara lain:

Ketiga metode modern sebagai cara  mengatasi wasir ini bisa kamu temukan di Vena Wasir Center.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan ?
Kamu punya keluhan?
Saya ingin daftar, bagaimana caranya?