Artikel
Mau Tahu Cara Mencegah Ambeien ? Klik Di Sini

Mau Tahu Cara Mencegah Ambeien ? Klik Di Sini

Cara Mencegah Ambeien
Cara Mencegah Ambeien

Cara Mencegah Ambeien Ambeien cenderung dianggap sebagai aib. Biasanya orang yang menderita ambeien cenderung diam-diam saja dan tidak ingin membicarakannya bahkan ke dokter pun tidak. Padahal ambeien adalah masalah kesehatan yang umum terjadi di masyarakat. Ambeien adalah kondisi medis yang terjadi karena pembengkakan pada pembuluh darah balik (vena) di daerah sekitar anus atau rektum bagian bawah.

Jenis Ambeien Berdasarkan Lokasi

Meskipun tidak termasuk penyakit mematikan, ambeien bisa menyebabkan  ketidaknyamanan akibat rasa gatal dan nyeri yang timbul. Ambeien bisa terjadi di berbagai usia, namun lebih sering dialami oleh orang usia 50 tahun atau ke atas. Ambeien dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

#1. Ambeien Dalam (Internal Hemorrhoid)

Ambeien dalam disebabkan karena pembengkakan di dalam anus, tepatnya di liang rektum. Benjolan tidak terasa dan tidak terlihat dari luar anus, sehingga jarang terjadi keluhan.

Ambeien dalam juga bisa sembuh sendiri dan termasuk dalam jenis ambeien ringan yang biasanya baru terdeteksi ketika terdapat darah keluar dari anus ketika BAB. Gejala ambeien dalam di antaranya: gatal dan nyeri pada anus. Gejala-gejala ini biasanya baru muncul saat ambeien dalam menjadi semakin besar.

#2. Ambeien Luar (External Hemorrhoid)

Lokasi pembengkakan ambeien luar terjadi di luar rektum atau di sekitar lubang anus. Gejala ambeien luar di antaranya:

  • Perih dan panas di sekitar anus.
  • Gatal pada anus.
  • benjol atau bengkak di sekitar anus.
  • BAB berdarah.

Jenis Ambeien Berdasarkan Tingkat Keparahan

Cara Mencegah Ambeien Berdasarkan ukuran dan tingkat keparahannya, ambeien internal terbagi menjadi berikut:

  1. Derajat satu: pembengkakan kecil di dalam anus dan tidak terlihat dari luar anus.
  2. Ambeien derajat dua: pembengkakan lebih besar keluar dari anus ketika buang air besar (BAB) dan masuk kembali sesudah BAB.
  3. Derajat tiga: ada satu atau beberapa benjolan kecil yang menggantung di anus, tetapi dapat pasien dorong masuk kembali.
  4. Ambeien derajat empat: ada benjolan besar menggantung dari anus dan tidak bisa pasien dorong kembali.

Hati-Hati, Hal Berikut Dapat Meningkatkan Resiko Ambeien

Cara Mencegah Ambeien Penyebab ambeien atau hemoroid masih belum diketahui secara pasti. Tetapi, kondisi ini diduga terkait dengan tingginya tekanan aliran darah di dalam atau di sekitar anus. Tekanan ini menyebabkan pembuluh darah di rektum bengkak dan mengalami peradangan. Di bawah ini beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko ambeien atau hemoroid:

  1. Konstipasi atau sembelit jangka panjang akibat kurang asupan makanan berserat
  2. Diare jangka panjang
  3. Mengejan terlalu keras ketika BAB.
  4. Sering mengangkat beban berat
  5. Duduk terlalu lama.
  6. Batuk dan muntah terus menerus
  7. Obesitas
  8. Riwayat wasir dalam keluarga
  9. Hamil

Gejala ambeien yang paling mudah disadari dan membuat penderita tidak nyaman yaitu nyeri di sekitar anus, benjolan yang posisinya menggantung di luar anus dan terasa nyeri bila disentuh, perdarahan dari anus dengan darah berwarna merah segar dan menetes sesudah BAB. Ambeien juga bisa menyebabkan beberapa komplikasi meskipun jarang terjadi seperti Anemia, Wasir Terpelintir, Gumpalan darah, dan Kerusakan pada kulit.

Cara Mencegah Ambeien
Cara Mencegah Ambeien

Pencegahan Ambeien

Cara Mencegah Ambeien Ambeien bisa dicegah dengan beberapa hal, seperti : 

  1. Minum banyak air putih. Hal ini bisa membantu melunakkan feses sehingga kalian tidak perlu terlalu mengejan. Kebiasaan mengejan ketika BAB bisa menyebabkan ambeien.
  2. Perbanyak konsumsi serat. Banyak makan sayur, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan bisa melancarkan BAB.
  3. Jangan menunda BAB. Semakin lama feses tidak dikeluarkan, penyerapan air akan semakin banyak sehingga feses menjadi lebih keras dan kering. Hal ini “memaksa” kalian mengejan kuat ketika BAB dan mengakibatkan ambeien.
  4. Rutin berolahraga. Hal ini bisa mencegah sembelit, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan berat badan.
  5. Hindari obat-obatan tertentu. Hindari obat-obatan yang mempunyai efek samping sembelit, seperti: obat-obatan yang mengandung codein.
  6. Jangan duduk terlalu lama karena dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus. 
  7. Jaga area anus tetap bersih dan kering. Terutama setelah kencing dan BAB.

Pengobatan Ambeien

Cara Mencegah Ambeien Pengobatan medis ambeien dilakukan dengan pemberian obat-obatan, sampai operasi. Tetapi, tindakan ambeien saat ini telah menggunakan teknologi modern, sehingga rendah nyeri, risiko, dan penanganan tanpa harus rawat inap. Berikut ini beberapa jenis operasi ambeien:

#1. Flash Optical Laser/Laser Hemorroidoplasty

Flash Optical Laser adalah operasi dengan memanfaatkan laser fiber untuk mengempiskan jaringan ambeien. Bahkan, dapat mencapai 60% setelah tindakan dan terus mengempis setelah beberapa minggu operasi. Selain efektif metode ini juga sangat rendah nyeri, risiko, dan perdarahan.

#2. Radiofrekuensi

Radiofrekuensi adalah operasi dengan memanfaatkan gelombang berfrekuensi untuk mengempiskan benjolan ambeien. Metode ini sangat efektif untuk mengobati ambeien hampir semua derajat.

#3. Paran Injection Ligation for Ambeien (PILA)

PILA adalah operasi dengan menggabungkan injeksi agen skleroterapi dengan rubber band ligation untuk mengobati ambeien mulai dari derajat 1-3 hanya untuk ambeien internal.

 

Baca Juga : Informasi Biaya Pengobatan Ambeien di Klinik

Call Center :  https://wa.me/6282110333310

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan ?
Kamu punya keluhan?
Saya ingin daftar, bagaimana caranya?