Artikel
Makan Buah Buahan Ini Bantu Kurangi Risiko Ambeien

Makan Buah Buahan Ini Bantu Kurangi Risiko Ambeien

Mengonsumsi buah buahan menjadi salah cara yang cukup efektif untuk mencegah maupun mengatasi ambien. Pasalnya, buah merupakan salah satu sumber serat yang dapat membantu memperlancar BAB. Lalu, buah apa saja yang disarankan untuk mencegah dan mengatasi permasalah ambeien ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Ambeien atau hemoroid merupakan penyakit umum yang bisa di alami oleh siapapun. Masalah ini bahkan terjadi pada sekitar 20% orang di Indonesia. Namun, karena dianggap sebagai masalah sepele maka terkadang penderita ambeien tidak melakukan pengobatan apapun terhadap wasir yang mereka alami. Sehingga menimbulkan risiko komplikasi wasir yang menyakitkan hingga membahayakan penderitanya. Ada beberapa gejala pada penderita ambeien yang sering menyerang penderitanya:

  • BAB berdarah.
  • Merasakan panas dan gatal di area anus.
  • Nyeri luar biasa pada anus, terutama saat BAB dan duduk di alas yang keras.
  • Kelelahan.
  • Anemia.
  • Hingga menimbulkan stress.
  • Sembelit.

Gejala ambeien yang kamu alami sebaiknya tidak boleh kamu diamkan saja. Setidaknya cobalah untuk mengonsumsi makanan yang akan mengurangi gejala-gejala di atas. Salah satunya adalah buah lokal.

Baca juga: Waspada! Makanan Ini Memperburuk Wasir!

Buah Buahan Lokal Bantu Cegah dan Mengatasi Ambeien

Ada beberapa buah lokal yang sangat baik kamu konsumsi ketika mengalami ambeien, seperti:

Pepaya

Buah ini memang sudah terkenal sebagai buah yang ampuh untuk mencegah hinggamengobati wasir. Pepaya memang buah yang mengandung papain, serat tinggi, hingga kandungan air yang banyak. Ketiga kandungan ini sangat baik untuk memperlancar proses pencernaan. Sehingga mengurangi sembelit ketika mengalami wasir. Ketikaproses BAB lancar, maka gejala nyeri akan berkurang ketika kamu terkena ambeien.

Kulit Manggis

Kulit pada buah manggis juga terkenal memiliki banyak manfaat untuk imun dankesehatan. Namun, tak banyak yang tahu bahwa buah manggis ini juga sangat baik untuk mengurangi gejala ambeien. Kulit pada buah ini memiliki antioksidan tinggi dan mengandung xanthone, kedua kandungan ini mampu mengatasi peradangan pada wasir atau ambeien. Cara mengonsumsinya pun cukup mudah. Rebus kulit manggis tersebut di dalam air, lalu minumlah satu gelas satu hari saat kamu mengalami ambeien.

Sawo

Buah lokal yang sangat manis dan lezat ini juga ternyata mempunyai manfaat untukmengurangi gejala pada wasir. Sawo mengandung tanin atau kandungan yang mempunyai khasiat seperti antiparasit, antivirus, hingga antibakteri. Hal ini baik untuk mengatasi rasa gatal pada wasir. Untuk itu, konsumsilah buah ini ketika kamu mengalami wasir.

Apa yang harus dilakukan ketika gejala tidak hilang?

Jika kamu sudah mengonsumsi semua makanan dan buah di atas namun gejala tetap tidak hilang atau bertambah parah. Sebaiknya, segeralah untuk melakukan konsultasi dengan dokter ahli atau kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan layanan online yang ada di Vena Wasir Center. Konsultasi dan pemeriksaan pada gejala wasir yang tak hilang penting kamu lakukanagar wasir yang kamu alami tidak bertambah parah.

Baca juga: Resep Salad Buah Enak dan Segar Yang Baik Untuk Pencernaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan ?
Kamu punya keluhan?
Saya ingin daftar, bagaimana caranya?