Artikel
Apa Obat Ambeien Yang Paling Ampuh?

Apa Obat Ambeien Yang Paling Ampuh?

Apa obat ambeien yang paling ampuh untuk mengatasi ambeien yang sudah sangat parah? Apakah obat alami atau justru obat-obatan  yang tersedia di pasaran? Mengutip dari Mayo Clinic (2021) menyebutkan bahwa, pengobatan pada ambeien atau wasir biasanya berbeda-beda, tergantung dari jenis hingga tingkat keparahannya. Jika pada umumnya, ambeien yang terjadi di area dalam anus dan benjolan masih berukuran kecil, maka pengobatan alami masih bisa menjadi solusi pengobatan yang tepat. Akan tetapi, jika ukuran benjolan pada ambeien sudah sangat besar, hingga menimbulkan gejala seperti pendarahan saat BAB. Maka, tindakan bedah bisa menjadi salah satu pengobatan yang paling efektif.

Bagaimana cara mendiagnosis jenis ambeien?

Berdasarkan lokasi atau tempat terjadinya, ambeien/wasir  terbagi menjadi dua jenis, yaitu wasir dalam dan wasir luar. Untuk mengetahui pengobatan yang paling tepat, penderita biasanya harus mendeteksi terlebih dahulu jenis yang dialami. Salah satu cara mendeteksinya adalah dengan memerhatikan gejala yang muncul. Berikut adalah beberapa gejala wasir yang sering muncul berdasarkan lokasinya, yaitu wasir: 

  • Dalam

Pada jenis ini biasanya ada beberapa gejala khusus yang menyertainya, salah satunya adalah munculnya darah saat penderitanya melakukan buang air besar. Namun, biasanya tidak memicu rasa nyeri atau sakit yang parah. Selain itu, penderitanya juga tak bisa merasakan benjolan di are anus, karena letak benjolan berada di area rectum (bagian ujung dari usus besar dan area anus).

  • Luar

Mengutip dari MedicineNet (2022) menyebutkan bahwa ambeien luar atau wasir eksternal biasanya memiliki gejala khusus seperti munculnya benjolan di area anus. Selain itu, wasir eksternal ini juga biasanya akan menyebabkan rasa sakit atau nyeri terutama ketika penderitanya melakukan BAB. Pada beberapa kasus yang sudah parah, wasir eksternal ini juga bisa menyebabkan pendarahan saat buang air besar.

Bagaimana mengetahui tingkat keparahan kondisi pasien?

derajat ambeien

Selain melihat lokasi atau tempat terjadinya benjolan, penderita juga perlu melakukan pengecekan pada tingkat keparahan pada wasir/ambeien tersebut. Mengutip dari artikel Mayo Clinic (2021) menyebutkan bahwa, berdasarkan tingkat keparahannya, ambeien ini terbagi menjadi 4 jenis. Meskipun, sebaiknya pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan dengan bantuan dokter spesialis dengan pemeriksaan anoskopi. Namun, penderita juga bisa melakukan deteksi dengan cara memerhatikan tanda yang muncul, seperti di bawah ini!

  1.      Derajat 1 dan 2

Ambeien atau wasir jenis ini merupakan tingkat keparahan yang paling rendah, karena ukuran benjolan masih kecil sehingga tidak menimbulkan gejala yang begitu parah. Umumnya, wasir derajat 1 dan 2 terletak di area rectum, namun bisa terjadi prolaps (benjolan keluar dari dalam anus) ketika penderitanya melakukan proses BAB, atau saat mengejan terlalu keras. Namun, benjolan yang keluar biasanya akan masuk Kembali ke area dalam anus ketika penderitanya selesai melakukan BAB.

  1.      Derajat 3

Pada tingkat/derajat 3, benjolan pada wasir biasanya sudah mulai membesar dan menimbulkan keluhan dan gejala nyeri, pendarahan, hingga prolaps ketika BAB. Berbeda dengan derajat 1 ataupun 2, biasanya pada derajat 3 benjolan yang keluar, hanya dapat masuk kembali dengan bantuan jari.

  1.      derajat 4

Ambeien derajat 4 ini merupakan, ambeien yang sudah sangat buruk dan harus segera mendapatkan medis. Salah satu tanda yang paling sering terjadi pada derajat 4 adalah munculnya benjolan yang besar di area anus dan tidak bisa masuk kembali ke dalam anus. Biasanya, akan menimbulkan pendarahan saat penderitanya melakukan proses buang air besar.

Baca juga: Ambeien Adalah Penyakit Pada Anus Yang Bisa Sebabkan Berbagai Masalah Kesehatan

Apa obat ambeien yang sesuai dengan jenis dan tingkat keparahannya?

Lalu, apa obat ambeien yang tepat/sesuai dengan kondisi pasien? Pada derajat 1 hingga 2, biasanya penderita masih bisa melakukan pengobatan alami seperti mengonsumsi sayur hingga buah yang mengandung banyak serat. Selain itu, penderita juga bisa berendam di air hangat selama 15 menit sehari untuk membantu menghilangkan benjolan yang prolaps tersebut. Akan tetapi, jika ambeien sudah menimbulkan gejala nyeri, maka sebaiknya penderita segera memeriksakan diri ke dokter ahli. Sehingga, jika ambeien sudah menimbulkan rasa nyeri dan tak nyaman segeralah memeriksakan diri ke klinik Vena Wasir Center.

Sedangkan, pada derajat 3 hingga 4, tindakan atau terapi wasir bisa menjadi salah satu pengobatan yang paling tepat untuk mengatasi gejala tersebut. Salah satu tindakan unggulan adalah dengan Laser Hemorrhoidoplasty, atau terapi wasir yang dapat mengatasi dan mengempiskan benjolan hingga 40% dalam sekali tindakan. Selain itu, benjolan juga akan terus mengecil selama beberapa minggu setelah tindakan.

Tindakan Laser Hemorrhoidoplasty bisa penderita lakukan di klinik Vena Wasir Center terdekat. Selain terapi laser, ada juga beberapa tindakan modern lainnya yang juga minim nyeri, minim pendarahan, tak perlu rawat inap, dan harga cukup terjangkau!

Baca juga: Dimana Dokter Wasir Terdekat Dari Lokasi Saya?

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan ?
Kamu punya keluhan?
Saya ingin daftar, bagaimana caranya?