Artikel
Ambeien Pada Ibu Hamil, Apa Penyebabnya?

Ambeien Pada Ibu Hamil, Apa Penyebabnya?

Ambeien Pada Ibu Hamil
Ambeien Pada Ibu Hamil

Ambeien Pada Ibu Hamil – Ambeien cukup umum dialami oleh wanita yang sedang hamil. Sebagian wanita yang sedang hamil mungkin tidak terganggu dengan kondisi ini, tetapi terkadang juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Supaya ambeien bisa hilang, wanita hamil perlu melakukan beberapa cara, mulai dari memperbaiki pola makan hingga rajin melakukan olahraga.

Ambeien sendiri merupakan kondisi ketika pembuluh darah di area dubur mengalami pembengkakan. Kondisi ini dapat dikenali dengan munculnya benjolan di sekitar dubur yang terasa gatal, nyeri, dan disertai dengan keluarnya darah saat buang air besar.

Ambeien Pada Wanita Hamil dan Penyebabnya

Ambeien Pada Ibu Hamil – Ambeien saat hamil sering terjadi pada usia trimester ketiga. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi di trimester awal. Apabila tidak mendapat penanganan dengan tepat, ambeien yang terjadi saat wanita hamil bisa berlanjut sampai setelah melahirkan.

Ada beragam penyebab ambeien saat hamil. Namun, sebagian besar kondisi ini terjadi karena membesarnya ukuran rahim. Selama berlangsungnya kehamilan, rahim akan terus membesar mengikuti pertumbuhan janin. Seiring dengan bertambahnya ukuran rahim akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah yang ada di sekitar dubur. Akibatnya, aliran darah di sekitar rahim dan panggul akan terganggu dan menimbulkan terjadinya pembengkakan.

Kondisi ambeien pada wanita hamil juga bisa disebabkan oleh hal lain. Misalnya karena ibu hamil menderita sembelit. Saat sembelit feses kondisinya akan lebih keras dari biasanya dan perlu mengerahkan tenaga ekstra untuk mengeluarkannya.

Mengejan terlalu keras dapat menekan pembuluh darah di sekitar dubur. Jika terjadi dalam waktu lama, tekanan pada pembuluh darah dapat menimbulkan pembesaran dan pembengkakan, sehingga muncul wasir.

Beberapa faktor lain yang juga dapat menyebabkan ambeien saat hamil adalah perubahan hormon, berdiri terlalu lama, dan meningkatnya jumlah darah yang membuat pembuluh darah melebar. Untuk mencari tahu penyebab pastinya, ibu yang sedang hamil perlu memeriksakan diri ke dokter.

Begini Cara Mengatasi Ambeien Saat Hamil

Ambeien Pada Ibu Hamil – Ambeien biasanya hilang dengan sendirinya setelah ibu hamil melahirkan. Namun, apabila ibu hamil merasa terganggu dengan kondisi ini dan ingin mempercepat penyembuhan, ada beberapa cara yang bisa ibu hamil lakukan, yaitu:

  • Konsumsi makanan tinggi serat dan minum banyak air agar terhindar dari sembelit.
  • Berolahraga ringan secara rutin selama kurang lebih 20-30 menit tiap harinya. Jenis olahraga yang bisa ibu hamil lakukan adalah jalan santai, yoga, atau berenang.
  • Pastikan area sekitar dubur terjaga kebersihannya. Hindari penggunaan tisu basah atau sabun yang mengandung pewangi atau zat berbahaya saat membersihkannya.
  • Jangan terlalu lama duduk atau berdiri. Aktivitas tersebut jika dilakukan terlalu lama bisa memberikan tekanan berlebih pada wasir dan membuatnya sulit sembuh atau bahkan memburuk.
  • Cobalah senam Kegel karena dapat melancarkan aliran darah dan mengencangkan otot-otot yang ada di sekitar dubur, vagina, dan panggul.
  • Jangan menahan buang air besar terlalu lama. Kebiasaan menahan buang air besar akan membuat feses semakin keras dan ibu hamil perlu mengejan kuat untuk mengeluarkannya.
  • Minum suplemen atau obat pencahar secara rutin, tentunya dengan anjuran dokter.

Ambeien Saat Hamil Bisa Berlanjut Setelah Melahirkan

Ambeien Pada Ibu Hamil – Ambeien biasa terjadi dan terasa cukup berat pada kehamilan trimester ketiga. Dalam masa ini, rahim semakin berat. Hal tersebut memberikan tekanan yang lebih besar pada pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah di dalam rektum menjadi bengkak.

Begitu pula ketika melahirkan. Pada saat wanita hamil mengejan, tekanan yang kuat dapat menyebabkan terjadinya ambeien. Jadi ambeien saat hamil juga bisa berlanjut hingga masa setelah melahirkan.

Meskipun ambeien saat hamil adalah masalah yang umum dan sering terjadi, namun bukan berarti semua ibu hamil mengalaminya. Bagi wanita yang pernah mengalami ambeien sebelum hamil, maka risiko mengalami ambeien saat hamil akan lebih besar.

Jangan biarkan ambeien terjadi berlarut-larut, terutama ambeien saat hamil. Segera konsultasi ke dokter untuk penanganan yang tepat, serta untuk mencegah ambeien muncul kembali.

Apakah ibu hamil boleh minum obat ambeien? 

Sebagian orang mungkin bertanya apakah ibu hamil boleh minum obat untuk ambeien? Jawabannya adalah ya. Untuk mengatasi ambeien saat hamil, dokter mungkin juga dapat memberikan obat ambeien untuk ibu hamil yang dapat meringankan gejala wasir.

Misalnya, obat pencahar untuk mengatasi sembelit yang aman untuk ibu hamil. Sementara untuk mengatasi rasa sakit, pereda nyeri seperti paracetamol mungkin akan diresepkan.

Selain obat minum, dokter juga mungkin akan meresepkan salep ambeien untuk ibu hamil, seperti yang mengandung hydrocortisone, lidoicaine, atau bahan alami seperti hazel, lidah buaya dan chamomile. Zat-zat tersebut baik untuk ibu hamil dan minim menimbulkan efek samping.

Hal yang perlu dicatat adalah jangan konsumsi atau gunakan obat minum atau obat oles jika tidak disarankan oleh dokter. Karena Hal tersebut dapat membahayakan ibu hamil dan janinnya. Beberapa jenis obat mungkin tidak aman bagi ibu hamil dan menyusui sehingga penggunaannya harus dihindari.

 

Baca Juga : Waspada Ambeien Akut! Ini Cara Penyegahannya

Call Center : https://wa.me/6282110333310

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan ?
Kamu punya keluhan?
Saya ingin daftar, bagaimana caranya?