Artikel
Waspada Ambeien Akut! Ini Cara Pencegahannya

Waspada Ambeien Akut! Ini Cara Pencegahannya

Ambeien Akut
Ambeien Akut

Ambeien Akut – Ambeien sering terjadi dan kerap ditemukan dalam banyak kasus. Mulai dari kasus yang ringan hingga kasus yang cukup berat bahkan kasus akut. Dalam bentuk akut, ambeien akan memunculkan tanda yaitu adanya pembengkakan bulat dan memar pada sekitar  anus yang disertai dengan rasa sakit serta gatal. 

Kondisi tersebut tentunya menyebabkan penderita kesulitan dalam beraktivitas. Bahkan untuk sekadar melakukan aktivitas ringan seperti duduk atau buang air besar. Lalu apa saja yang menyebabkan ambeien bisa sampai akut? Pengobatan seperti apa yang harus penderita lakukan? Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasinya ya!

Penyebab Ambeien Menjadi Akut

Ambeien Akut – Belum dapat diketahui secara pasti faktor apa saja yang menjadi penyebab munculnya ambeien. Namun menurut ahli kesehatan, ambeien dapat terjadi akibat kebiasaan buruk seseorang yang membiarkan tekanan perut atau tungkai perut meningkat sehingga akan memunculkan pembesaran pada vena di area rektum. Berikut adalah beberapa kemungkinan faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang memiliki ambeien:

  • Sering mengangkat beban terlalu berat

Mengangkat beban terlalu berat dapat memberikan tekanan yang besar pada area perut hingga rektum. Hal tersebut akan menyebabkan pembuluh vena di area anus membesar dan memicu terjadinya pembengkakan. 

  • Konstipasi atau sembelit berkepanjangan

Sembelit merupakan kondisi ketika seseorang mengeluhkan kesulitan buang air besar. Sembelit bisa terjadi akibat kekurangan asupan serat pada makanan sehingga menyebabkan feses keras dan sulit keluar.

Karena kondisi feses yang sulit keluar, seseorang yang mengalami sembelit akan mengejan lebih keras. Hal itulah yang memicu timbulnya benjolan ambeien.

  • Kebiasaan buruk mengejan terlalu keras

Mengejan terlalu keras bukan hanya dilakukan oleh orang yang mengalami sembelit. Bisa saja hal tersebut merupakan kebiasaan buruk yang sering dilakukan seseorang.

Semakin sering seseorang mengejan terlalu akan semakin membuat kondisi vena membesar dan bengkak. Lambat laun pembesaran tersebut dapat menjadi benjolan ambeien.

  • Kebiasaan duduk terlalu lama

Mengaitkan kebiasaan duduk terlalu lama dengan resiko terjadinya ambeien sebenarnya bukanlah hal yang salah. Duduk dalam kondisi yang lama tentunya akan menambah tekanan pada organ dan jaringan di sekitar tulang duduk, tak terkecuali pembuluh pada area sekitar anus.

  • Riwayat ambeien keluarga

Ambeien merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa diturunkan. Meskipun banyak yang meragukan karena jika berbicara soal genetik tentunya berkaitan dengan DNA.

Seorang ahli gastroenterologi mengatakan bahwa dalam kasus ambeien genetik bisa saja berperan meskipun kecil. Secara genetik jika seseorang memiliki pembuluh darah dan otot yang lemah maka dapat berisiko menyebabkan ambeien.

Diagnosa Ambien Akut

Ambeien Akut – Untuk menentukan atau melakukan diagnosa ambeien, maka dokter akan melakukan serangkaian alur diagnosis. Mulai dari mewawancarai pasien hingga pemeriksaan secara langsung. Dalam wawancara, dokter akan menggali keluhan yang ada pada pasien. Selanjutnya dokter akan memeriksa fisik pasien lebih lanjut, yaitu  dengan memeriksa secara menyeluruh oleh dokter. 

Pemeriksaan yang penting untuk dilakukan meliputi pemeriksaan area anus untuk memastikan penyebab keluhan adalah ambeien. Dokter mungkin juga akan meminta pasien untuk mengejan saat pemeriksaan berlangsung. Untuk melihat gambaran area anus atau mencari benjolan, pemeriksaan juga mungkin akan disertai dengan tindakan colok dubur. Yaitu memasukkan sebuah alat ke dalam anus guna memeriksa permukaan dalam anus untuk menjawab kecurigaan ambeien internal.

Selain itu, pemeriksaan juga dilengkapi pula dengan pencarian adanya tanda-tanda terjadinya anemia sebagai komplikasi ambeien. Yaitu dengan melihat ada tidaknya pucat pada konjungtiva mata. Ambeien akut akan memicu terjadinya pendarahan sehingga memungkinkan pasien untuk mengalami anemia.

Pemeriksaan penunjang bisa saja dibutuhkan bila hasil pemeriksaan fisik belum memuaskan. Misalnya karena ambeien di dalam, terdapat rencana tindakan operatif pada ambeien, maupun untuk mencari kemungkinan lain penyebab perdarahan dari anus.

Pemeriksaan penunjang tersebut adalah anoskopi, sigmoidoskopi dan kolonoskopi. Pemeriksaan ini dilakukan dengan memasukkan alat yang dilengkapi oleh kamera ke dalam anus, untuk melihat gambaran dalam area usus besar bagian bawah secara jelas dan mendetail.

Pencegahan Ambeien Akut

Ambeien Akut – Untuk pencegahan ambeien menjadi lebih lanjut atau akut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah cara-cara pencegahan ambeien akut.

#1. Minum air putih yang banyak

Kebutuhan air dalam tubuh yang tercukupi dapat mengontrol kondisi feses. Minum air putih dalam jumlah yang cukup atau banyak dapat membuat feses menjadi lunak dan mudah keluar. Dengan demikian saat buang air besar Anda tidak perlu mengejan.

#2. Perbanyak olahraga 

Olahraga akan membantu memperbaiki atau mencegah banyak masalah pada usus dan pencernaan, termasuk ambeien. Saat tubuh tidak banyak bergerak, proses metabolisme tubuh akan melambat, termasuk usus dan jaringan-jaringan di sekitarnya.

Selain itu, kurang bergerak atau berolahraga dan memilih duduk terlalu lama juga akan memberi tekanan pada pembuluh darah di anus yang dapat menyebabkan ambeien.

#3. Hindari menunda buang air besar

Menunda buang air besar akan membuat feses terlalu lama mengendap dan berujung pada kondisi yang mengeras. Jika demikian maka feses akan sulit keluar.

#4. Konsumsi buah buahan dan sayuran

Beberapa jenis buah-buahan dan sayuran mengandung banyak serat. Makanan kaya akan serat dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan dan membantu meringankan gejala ambeien . 

#5. Selalu jaga agar anus tetap kering

Pentingnya menjaga kelembaban daerah anus adalah untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Semakin lembab kondisi sekitar anus semakin memicu pertumbuhan dan perkembangan bakteri.

Oleh karena itu untuk mencegah kondisi ambeien semakin akut sebaiknya selalu jaga agar anus tetap kering. Anda bisa memilih dan menggunakan pakaian dalam yang mudah menyerap keringat.

 

Itulah seputar informasi mengenai ambeien akut mulai dari penyebab, diagnosis, hingga pencegahan. Waspadai kesehatan diri Anda dan segera kunjungi dokter apabila Anda merasakan gejala-gejala ambeien. Anda bisa berkunjung ke Klinik Vena Wasir Center untuk berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan penanganan sesegera mungkin. Iformasi lebih lanjut mengenai Klinik Vena Wasir Center bisa anda kunjungi di webiset venawasir.id atau melalui call center di bawah ini.



Baca Juga : Pengobatan Wasir Tanpa Operasi
Call Center : https://wa.me/6282110333310

 

 

0
Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh bantuan ?
Kamu punya keluhan?
Saya ingin daftar, bagaimana caranya?